Dinas Pertanian Banjar Lakukan Vaksinasi PMK pada Hewan Ternak

Martapura, InfoPublik - Sebagai upaya pengendalian penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak, Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Banjar melalui Bidang Keswan dan Kesmavet melakukan percepatan vaksinasi bagi hewan ternak.


Vaksinasi PMK dilakukan di Kecamatan Martapura Kota dan Kecamatan Sambung Makmur berlangsung secara door to door, yakni tim mendatangi langsung ke kandang para peternak, Selasa (27/6/2022).


Sebanyak 100 dosis vaksin tersedia untuk vaksinasi kali ini. Walaupun Kabupaten Banjar masih zona hijau.


Tim yang bertugas kali ini juga menjaga kebersihan dengan selalu menyemprot disinfektan tiap kali setelah melakukan penyuntikan vaksin guna mensterilkan badan ketika mengunjungi kandang lainnya.


Sebelumnya sebagaimana untuk diketahui, Distan Banjar melalui Bidang Keswan dan Kesmavet juga telah melakukan vaksinasi pada sabtu (25/6/2022) lalu sebanyak 100 dosis.


Kasi Kesehatan Hewan M.Akbar Susanto mengatakan kegiatan tersebut dalam rangka menanggulangi penyebaran virus PMK yang sedang marak dikalangan peternak se - Indonesia. 


"Semua pihak tentunya berharap virus PMK ini dapat dikendalikan dengan baik untuk kesejahteraan para peternak di manapun berada,"harap dia. (IP Kab. Banjar/Brigade Distan Syaripuddin)


Komentar