Pelatihan Teknologi Pengelolaan Air, Hara dan Tanaman Padi di Lahan Rawa

Martapura, InfoPublik - Meningkatkan kompetensi di bidang pertanian yang diharapkan sebagai agen perubahan dan meningkatkan kemampuan pengetahuan para petani.

 

Dinas Pertanian Kabupaten Banjar melaksanakan pelatihan kepala 22 penyuluh yang dilaksanakan dari 13 s/d 17 Juni 2022 di Aula Dinas Pertanian Tungkaran.

 

Tujuan pelatihan ini agar nantinya dapat meningkatkan kompetensi sebesar-besarnya. Kabupaten Banjar berpotensi tinggi di bidang pertanian, pelatihan ini sebagai ajang peningkatan kemampuan PPL sebagai agen perubahan.

 

Peran PPL sangat tinggi, sehingga setelah kegiatan diharapkan PPL semakin berkompeten untuk menyampaikan teknologi kepada para petani dan meningkatkan kemampuan lapang serta pengetahuan para petani.

 

Ada 3 komponen yang harus dikerjakan: 1) Better Farming: teknologi pertanian, 2) Better Bussiness: teknologi pemasaran dan kelembagaan, 3) Better Living: peningkatan taraf hidup petani.

 

Pelatihan Kamis, 16 Juni 2022  tentang pemeliharaan Jagung

 

Dr. Mawardi dari Balitra menjelaskan tentang pemeliharaan Jagung umur 15 hari tanahnya mulai ditumbuhi rumput kecil, di umur inilah harus disemprot agar rumputnya tidak banyak dan menggunakan Herbisida sedikit hemat biaya 30%.

 

“Umur 25 hari lakukan pemupukan kedua dan pembumbunan, pembumbunan mendekatkan zat-zat hara ( makanan yang ada didalam tanah ), untuk memperbaiki Aerasi ( peredaran udara ), pengaturan pada tanah yang terlalu banyak air, agar tidak mudah rubuh dan merangsang akar kedua dan ketiga, pada saat akar kedua dan ketiga tumbuh disini dilakukan pemupukan agar produksinya bisa tinggi. Kalau Jagung tidak tumbuh akar kedua dan ketiga produksinya pasti rendah,”jelas dia. (IP Kab. Banjar/Brigade Distan)


Komentar