Disbudporapar Banjar Gelar Sosialisasi Sadar Wisata Kepada Masyarakat Tahun 2022

Martapura, InfoPublik - Dalam rangka mengembangkan wisata suatu daerah dengan adanya kesadaran masyarakat tentang pariwisata di Kabupaten Banjar.

 

Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Banjar menggelar Sosialisasi Sadar Wisata Kepada Masyarakat Tahun 2022, di Aula Kantornya, Rabu (15/6/2022).

 

Kegiatan ini dibuka Kepala Disbudporapar Banjar Haris Rifani didampingi Sekretaris dan seluruh Kepala Bidang, dihadiri oleh masyarakat khususnya para Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) yang ada di seluruh Kabupaten Banjar. 

 

Haris menyampaikan sadar wisata adalah suatu kondisi yang menggambarkan partisipasi dan dukungan segenap komponen masyarakat dalam mendorong terwujudnya iklim yang kondusif bagi tumbuh dan kembangnya kepariwisataan di suatu Destinasi.

 

Kesadaran Masyarakat akan pariwisata menjadi aspek yang sangat penting dalam pengembangan wisata suatu daerah. Dengan adanya kesadaran masyarakat tentang pariwisata, maka Sapta Pesona di lingkup Pariwisata dapat terwujud yaitu aman, tertib, bersih, sejuk, indah ramah dan kenangan,”ungkap dia.

 

Pada kegiatan tersebut juga dilaksanakan penyerahan spanduk "Selamat Datang" Pusat Informasi, Pembinaan, Pelayanan Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif.

 

Spanduk ini dibuat untuk Pendataan Mandiri Kunjungan Wisata (PAMAN KW) sebuah aplikasi kunjungan yang terhubung dengan menggunakan barcode atau QR-Code. Aplikasi ini bertujuan agar DISBUDPORAPAR dapat secara langsung mengetahui perkembangan destinasi wisata di daerah tersebut melalui angka kunjungan wisata. (IP Kab. Banjar/Akrom/Brigade Disbudporapar)


Komentar