Dispersip Banjar Gelar Lomba Perpustakaan Tingkat SMP

Martapura, InfoPublik - Membangkitkan lagi marwah perpustakaan menjadi minat masyarakat dalam membaca, khususnya di sekolah.

Menjadikan motivasi bagi Pemerintah melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Banjar melaksanakan lomba Perpustakaan Sekolah.

Dalam hal ini Tim juri Dispersip Banjar turun langsung melakukan penilaian ke lokasi sekolah yang mengikuti lomba, guna mengetahui visi dan misi perpustakaan sekolah masing-masing

Sebelumnya para peserta lomba sudah melakukan pengisian instrumen lomba beberapa waktu yang lalu. Beberapa sekolah yang telah menyerahkan instrumen dan dari hasil itu maka tim penilai melakukan survei ke sekolah untuk melakukan penilaian akan kebenaran isi instrumen yang telah diserahkan.

Sekolah - sekolah yang dikunjungi oleh Tim Penilai antara lain SMPN 1 Martapura, SMPN 2 Martapura Timur , SMPN 1 Gambut dan SMPN 1 Simpang Empat.

Adapun sekolah yang ikut dalam lomba dengan mengisi instrumen dan mengirimkan kembali ke panitia lomba antara lain SMPN 1 Martapura, SMPN 2 Martapura Timur , SMPN 1 Gambut, SMPN 1 Simpang Empat, SMPN 2 Simpang Empat, SMPN 7 Karang Intan, sMPN 1 Kertak Hanyar dan SMPN 1 Tatah Makmur.

Sementara itu, Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Banjar Hj. Galuh Tantri Narindra melalui Kepala Bidang Perpustakaan Kabupaten Banjar Hj. Noor Aida mengharapakan kedepannya agar Perpustakaan sekolah yang menjuarai ataupun yang belum beruntung nantinya agar selalu semangat.

"Kembangkan terus potensi diri di bidang literasi dan berinovasi agar perpustakaan sekolah menjadi daya tarik untuk peserta didik,"imbuh dia.

Seperti diketahui Kegiatan lomba perpustakaan merupakan salah satu strategi membangkitkan peran penyelenggaraan perpustakaan  khususnya di sekolah, dan dengan diadakannya lomba diharapkan perpustakaan sekolah dapat merangkum kembali, bagaimana keberadaan perpustakaan di sekolah tersebut. 

Lomba bukan semata-mata sebagai sebuah kompetisi atas keberhasilan sekolah dalam menyelenggarakan perpustakaan, mengingat Perpustakaan dalam sebuah sekolah pada hakekatnya merupakan jantung sekolah  dimana terdapat sumber-sumber informasi (bahan informasi) untuk keperluan belajar, membaca dan mencari informasi bagi warga sekolah. Pada dasarnya, perpustakaan berfungsi sebagai sumber referensi dan bahan pustaka melalui koleksi buku-buku yang berguna dan sesuai dengan kurikulum pada saat itu.

Adapun Tim Penilai yang bertugas yaitu : 
Nur Ainah, Nani Marlina, Rokhmah, Rahmawati Hasanah dan Muhammad Syahril Nazar. (IP Kab. Banjar/Brigade Dispersip)


Komentar