KIM Sebagai Penyebaran Informasi, DKISP Banjar Lakukan Pembinaan KIM

Martapura, InfoPublik  - Menjadi nilai ekonomis sebagai promosi untuk daerah menangkal isu-isu berita tidak benar, Dinas Komunikasi Informatika, Statistik dan Persandian (DKISP) Kabupaten Banjar melaksanakan pembinaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM), di Desa Tiwingan Lama, Kecamatan Aranio, Kabupaten Banjar, Rabu (25/5/2022).

 

Kabid Pengolaan Informasi dan Komunikasi Publik M. Hamdani menyampaikan KIM merupakan lembaga publik yang dibentuk dan dikelola oleh masyarakat yang bertujuan sebagai wahana informasi bagi masyarakat baik isu-isu yang berkembang di masyarakat.

 

KIM dapat menjembatani informasi yang beredar di masyarakat, dengan adanya informasi dari KIM dapat menangkal isu hoaks,"ujar Hamdani.

 

Lebih lanjut, KIM juga dapat menjadi nilai ekonomis untuk Desa agar dapat memanfaatkan KIM sebagai bentuk promosi daerahnya melalui website dan media sosial.

 

Hamdani berharap KIM dapat berjalan sebagaimana fungsi-fungsinya yaitu sebagai pemberi informasi-infomasi yang positif kepada masyarakat.

 

Ketua KIM Sejahtera Desa Tiwingan Lama Rifai mengatakan saat ini kami masih kesulitan dalam pembuatan redaksi pemberitaan. Padahal Kecamatan Aranio salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan.

 

Oleh sebab itu kami KIM Sejahtera meminta bantuannya agar dapat diberikan pelatihan pembuatan redaksi pemberitaan dan publikasi,"ucapnya.

 

Pada pembinaan KIM tersebut menjadi narasumber Programmer Reza Khasogie dan diikuti peserta dari desa tiwingan lama dan desa aranio. (MC Kominfo Kab. Banjar/Hendy)


Komentar