Ratusan Calon Guru Penggerak dan Pengajar Praktik ikuti Coaching Clinic

Martapura, InfoPublik - Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar melalui bidang Pembinaan Sekolah Menengah Pertama melaksanakan kegiatan Pendampingan Calon Guru Penggerak dan Pengajar Praktik (Coaching Clinic) yang berlangsung dari 3 - 4 Juni 2023 bertempat di Aula KH. Kasyful Anwar Disdik Banjar. 

Dasar Undang - Undang nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Kebijakan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Tekhnologi Republik Indonesia tentang Pemberlakuan Kurikulum Merdeka dan Merdeka Belajar serta DPA Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar tahun 2023. 

Guru Penggerak adalah guru guru terbaik yang merasa memiliki tanggung jawab untuk memperbaiki sistem pendidikan di negara ini. Keberadaan guru penggerak diharapkan menjadi pemimpin pendidikan masa depan yang mampu membawa kelahiran generasi Indonesia yang unggul. 

Calon guru penggerak sendiri akan melalui seleksi dalam dua tahap. Tahap pertama adalah penyaringan melalui CV dan esai, dan jika lolos akan melanjutkan ke tahap kedua yaitu simulasi mengajar dan wawancara. 

Kepala Disdik Banjar diwakili Sekretaris Nane Andriadne menyampaikan, banyak keuntungan yang didapat dalam mengikuti program guru penggerak, salah satunya dapat memperbaiki kemampuan sebagai pemimpin pembelajaran yang memprioritaskan kepentingan murid.

"Semoga dengan kegiatan ini kita bersama sama bisa menyatukan tujuan dan niat yaitu untuk mencetak generasi emas yang akan datang," harapnya.

Kegiatan ini diikuti 150 orang yang terdiri dari guru SMP Negeri dan Swasta. Narasumber dari balai Guru Penggerak Provinsi Kalimantan Selatan dan pengajar praktik yang ada di Kabupaten Banjar. (IP Kab. Banjar/Brigade Disdik)


Komentar