Wujudkan Layanan Prima, DPMPTSP Banjar Gelar Forum Konsultasi Publik

MARTAPURA, InfoPublik - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Banjar mengelar Forum Konsultasi Publik (FKP) untuk menghimpun aspirasi dan masukan dari Masyarakat dan Pelaku Usaha di Kabupaten Banjar, bertempat di Hotel Roditha Banjarbaru, Kamis (10/7/2025).

Adapun tema FKP DPMPTSP Tahun 2025 yaitu “Peran Serta Masyarakat/Pelaku Usaha dalam Rangka Peningkatan Pelayanan Perizinan dan Nonperizinan Menuju Pelayanan Prima”.

Asisten Administrasi Umum Setda Banjar Rahmat Dhany mengharapkan dengan adanya forum ini semakin meningkatkan layanan, baik dari sisi sarana prasarana, kemudahan persyaratan, hingga kejelasan prosedur operasional. 

"Pemerintah Kabupaten Banjar berkomitmen terus memberikan layanan terbaik bagi masyarakat melalui berbagai inovasi yang diluncurkan,” katanya.

Sementara itu, Koordinator Pokja Sistem Informasi dan Pengaduan Khairiana mengatakan DPMPTSP Banjar kini hadir dengan layanan bergerak dan pendampingan langsung kepada masyarakat yang mengalami kesulitan, khususnya dalam mengakses sistem perizinan digital.

“Kalau diperlukan, kami bisa mengundang pemohon datang ke kantor bersama instansi teknis terkait. Contohnya, untuk perizinan Rumah Sakit, kami libatkan langsung Dinas Kesehatan,” tambahnya.

Selain layanan tatap muka, masyarakat juga bisa mengakses perizinan secara daring melalui aplikasi OSS. Bagi yang belum familiar, DPMPTSP menyediakan pendampingan gratis melalui WhatsApp resmi.

“Seluruh layanan kami gratis, tidak ada pungutan biaya. Kecuali untuk layanan tertentu yang memang diatur memiliki tarif resmi,” ucapnya.

Menariknya, jika terjadi gangguan teknis pada aplikasi pusat, DPMPTSP juga menyediakan alternatif pengajuan melalui Google Form sebagai solusi cepat dan mudah diakses.

“Kami ingin masyarakat tidak merasa terbebani. DPMPTSP bukan sekadar pengurus izin, tetapi juga mitra pendamping di setiap prosesnya,” pungkasnya.

Adapun narasumber Asisten Pencegahan Maladministrasi Ombudsman RI Perwakilan Kalimantan Selatan Maulana Achmadi,  menyampaikan materi tentang Partisipasi Masyarakat Kunci Pelayanan Prima.

Narasumber Kedua Santi Nurlaela, Kepala Bagian Organisasi Setda Kabupaten Banjar yang menyampaikan materi Penyelenggaraan Pelayanan Publik yang Berkualitas dan Berdampak Melalui Forum Konsultasi Publik.

Dan Narasumber ketiga Iswidayati, Penata Perizinan Ahli Muda DPMPTSP Kabupaten Banjar menyampaikan materi terkait Optimalisasi Peran Serta Masyarakat dalam Sistem Perizinan dan Nonperizinan pada DPMPTSP Kabupaten Banjar.

Pada akhir acara dilakukan penandatanganan berita acara oleh DPMPTSP, Narasumber, dan Stakeholder terkait serta dari berbagai unsur masyarakat seperti Organisasi Masyarakat, Media Masa dan Pengguna Layanan DPMPTSP Kabupaten Banjar.(IP Kab. Banjar/Brigade DPMPTSP)


Komentar