Ratusan Guru PAUD Non ASN Ikuti Bimtek PMM dan KPM

Martapura, InfoPublik - Untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada Guru PAUD Non ASN  khususnya yang ada pada Lembaga Kelompok Bermain dalam menerapkan Kurikulum Merdeka serta penerapan Projek Profil Pancasila di Satuan Pendidikan Disdik Banjar Gelar Bimbingan Teknis Penguatan Platform Merdeka Mengajar (PMM) dan Pengenalan Kurikulum Merdeka (PKM) bagi Kelompok Bermain, di Hotel Delima Kertak Hanyar, Jum'at (17/3/2023) . 

Mengacu kepada Undangan Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Peraturan Pemerintah Nomor 17 tahun 2010 Tentang pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan, Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Tekhnologi Republik Indonesia Nomor 17 tahun 2021 tentang Asesmen Nasional, Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Tekhnologi Republik Indonesia Nomor 5 tahun 2022 tentang Standar Kompetensi Lulusan pada Pendidikan Anak Usia Dini jenjang Pendidikan Dasar dan jenjang Pendidikan Menengah. 

Kepala Bidang PAUD,PNF dan Kesetaraan Jahriah menyampaikan, Kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada tenaga pengajar yang ada di satuan Lembaga Kelompok Bermain yang merupakan tenaga pengajar Non ASN dengan tujuan agar bisa menerapkan Kurikulum Merdeka dan penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Satuan Pendidikannya. 

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar Liana Penny Mengatakan, Kurikulum Merdeka dilaksanakan lebih bermakna dan fleksibel sesuai keinginan dan potensi yang dimiliki siswa. Konsep ini selaras dengan pemikiran Ki Hajar Dewantara mengenai pendidikan yang bermakna menuntun segala kekuatan kodrat kepada anak agar mereka sebagai manusia dan sebagai anggita masyarakat dapat mencapai keselamatan serta menggapai kebahagiaan setinggi-tingginya. 

Kegiatan ini diikuti sebanyak 100 peserta dan narasumber berasal dari Balai Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Kalimantan Selatan serta Fasilitator Guru Penggerak. (IP Kab. Banjar/Brigade Disdik)


Komentar