Wabup Banjar Serahkan Enam Dokumen Penting Kepada Mempelai

Martapura, InfoPublik - Pemerintah Kabupaten Banjar pada 20 Mei 2021 lalu, telah meluncurkan program kerjasama dengan Kementerian Agama Kabupaten Banjar serta Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil melalui sebuah inovasi "Pakulih Anam".

" Pakulih Anam"( Pian Nikah Kulihan Anam Dokumen ) ini bertujuan mempermudah masyarakat yang melangsungkan akad pernikahan, dengan mendapatkan 6 dokumen langsung setelah prosesi akad nikah, dokumen tersebut, diantaranya,KTP pengantin laki-laki, KTP pengantin wanita, KK pengantin, KK orang tua dari pengantin laki-laki, KK orang tua dari pengantin wanita dan buku nikah. 

Bertepatan dengan pelaksanaan akad nikah Siti Karimah putri dari H. Ahmadi ( Kadinsos Kabupaten Banjar ) dikediaman di gg Swakarya Martapura,Sabtu pagi (5/6/2021) enam dokumen "Pakulih Anam" diserahkan dan menjadi momen telah dilaksanakanya inovasi ini di Kabupaten Banjar. 
Dokumen " Pakulih Anam" diberikan oleh Wakil Bupati Banjar H. Said Idrus Al- Habsyie yang juga hadir di acara tersebut. 

Dikatakan Wakil Bupati Banjar H. Said Idrus Al - Habsyie, program " Pakulih Anam" merupakan kerjasama Pemkab Banjar dengan Kementerian Agama Kabupaten Banjar serta Disdukcapil Banjar, dan melalui inovasi tersebut bisa membantu memangkas waktu menjadi lebih efisien bagi mempelai karena setelah akad langsung mendapatkan dokumen yang diperlukan. 

"Dimana masyarakat yang  melangsungkan pernikahan dalam hal urusan dokumen pernikahan, tidak perlu bolak balik lagi urus dokumen, melalui inovasi ini hanya mengurus pada KUA, selain buku nikah dokumen kependudukan juga didapatkan," jelas Said Idrus. 

Said Idrus berharap dari program "Pakulih Anam" bisa memberikan manfaat bagi masyarakat Kabupaten Banjar. 

Dokumen "Pakulih Anam" dikesempatan ini diserahkan Wakil Bupati Said Idrus Al - Habsyie kepada mempelai Siti Karimah dan  Ahmad Hidayatullah, setelah prosesi akad nikah berlangsung. 

Hadir diundangan pernikahan tersebut, Asisten Bidang Pemerintahan Dan Kesra H.Masruri, mantan Wakil Bupati H. Mawardi Abbas, KH. Hasanuddin Bin Badruddin, Kepala KUA Kecamatan Martapura, Tuan Guru H Munawir, Kepala Disdukcapil Banjar Azwar, beberapa Kepala SKPD Banjar, serta tamu undangan lainnya.

(MC.Kab Banjar/Paris/Pepen/Umar)


Komentar