DPKP Banjar Gelar Uji Coba Proteksi Kebakaran Bersama PT. Berkah Sukses Gemilang

Martapura, InfoPublik - Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan ( DPKP ) Kabupaten Banjar melaksanakan uji coba apar bersama PT. Berkah Sukses Gemilang, Kamis (29/12/2022) pagi.

Bagi DPKP Kabupaten Banjar semua pihak harus semakin waspada dalam menghadapi dan mencegah berbagai kemungkinan bencana yang melanda, salah satunya adalah bencana kebakaran terutama di lokasi-lokasi dengan resiko kebakaran tinggi.

Mengantisipasi hal tersebut, PT Berkah Sukses Gemilang sebagai perusahaan jasa dalam bidang aspek Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) sebagai komitmen dan telah menyiapkan sistem mitigasi kebakaran di seluruh wilayah kerjanya, mulai dari area lapangan, area terminal hingga kawasan perkantoran.

Pelaksanan uji coba APAR dihadiri Kepala DPKP Banjar Rahmat Kartolo, Kabid Pencegahan Eddy Elminsyah Jaya, Kasi Peningkatan Kapasitas Aparatur H. M. Sofyani Noor dan seluruh staf Bidang Pencegahan dan PT. Berkah Sukses Gemilang Yudhi sebagai pemilik beserta staff.

Adapun Kegiatan uji coba alat proteksi pada perusahaan yang bergerak di bidang isi ulang APAR.  Uji coba ini berdasarkan pada Peraturan Bupati NO 72 Tahun 2022 dimana setiap usaha kegiatan di bidang pencegahan dan penaggulangan kebakaran harus memiliki rekomendasi dari Dinas.

Eddy Elminsyah Jaya mengatakan rekomendasi ini diperlukan agar kita mengetahui tingkat efesiensi dan efektifitas APAR (alat pemadam api ringan) yang diperjualbelikan di wilayah Kabupaten Banjar, karena pada saat inspeksi yang telah dilaksanakan ada APAR yang berupa oplosan yang tidak memenuhi standar SNI.

"Untuk itu dilaksanakannya uji coba APAR pada Kelas A (kayu dan benda padat lainnya) dan Kelas B (benda cair) maka dari itu Dinas DAMKAR melakukan uji coba pertama kalinya pada perusahaan tersebut untuk mengetahui efektivitasnya pada Perusahaan tersebut," jelas Eddy.

Eddy juga mengungkapkan, Alhamdulillah hari ini adalah pertama yang dilakukan dan selanjutnya semua perusahaan yang bergerak di bidang itu akan dilakukan uji coba serupa. (IP Kab. Banjar/Brigade DPKP/SAY17)


Komentar