Transformasi Digital, DKISP Banjar Gelar Bimtek Literasi Keamanan Informasi Elektronik

Martapura, InfoPublik – Pesatnya perkembangan teknologi informasi, tingginya pemanfaatannya di Indonesia dan adanya kebijakan transformasi digital yang ditetapkan pemerintah telah merubah pola kerja instansi dari yang semula menggunakan data fisik menjadi data elektronik menuntut setiap instansi harus mempunyai kemampuan untuk beradaptasi terhadap perubahan tersebut.

 

Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (DKISP) Kabupaten Banjar melalui Bidang Statistik dan Persandian menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Literasi Keamanan Informasi yang berbasis elektronik dan non elektronik di Aula Cakrawala DKISP Kabupaten Banjar, Rabu (16/11/2022) Pagi.

 


Acara ini dibuka oleh Kepala DKISP Banjar HM Aidil Basith, turut hadir Kabid Statistik dan Persandian RR Dian Parwatisari, Kasi Persandian dan Keamanan Informasi Akhmad Mufridi beserta staf Bidang Statistik dan Persandian, Para Narasumber dan peserta Bimtek.

 

Kepala DKISP Banjar HM Aidil Basith mengatakan ke depan Kominfo makin digital makin maju, kalau mau makin maju makin digital.

 


"Dalam hal ini digitalisasi ada dua sisi yaitu sisi negatif dan sisi positif, negatif orang bisa mengambil data kita untuk hal-hal yang merugikan kita, tapi kalau data positif yang kami sampaikan misal data kominfo mengeluarkan data Kabupaten Banjar maka secara eletronik dalam rangka membangun Kabupaten Banjar mereka tau potensinya, Alhamdulillah itu bagus," ungkap dia.



Ditambahkannya, oleh karena itu Kominfo memberikan pencerahan kepada kawan-kawan SKPD untuk keamanan informasi, selain informasi luas disebarkan tetapi juga segi keamanannya harus tetap terjaga.

 

"Semoga para peserta dapat mengikuti Bimtek dengan sebaik-baiknya karena selain untuk kepentingan di kantor juga bermanfaat untuk kepentingan pribadi, kita bersama-sama dengan Kominfo menjaga bagaimana informasi agar tidak bocor atau hal-hal yang tidak diinginkan," harap dia.

 


Adapun Narasumber Bimtek yaitu Kepala Bidang Penyelenggaraan E Government Bidang IKP, Cornelius Kristiyanto tentang Pelaksanaan Persandian dan Pengamanan Informasi pada Pemerintah Daerah dan Abdul Hafizh dari Dinas Kominfo Provinsi Kalimantan Selatan terkait Pengamanan Informasi Elektronik dan Non elektronik. (MC Kominfo Kab. Banjar/Rif’ah/Paris)


Komentar