TP. PKK Kecamatan Gambut Laksanakan Pelatihan Penyelenggaraan Jenazah

Gambut, InfoPublik - Termasuk dalam pembinaan 10 program pokok PKK, Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP. PKK) Kecamatan Gambut gelar pelatihan penyelenggaraan jenazah di Aula Kantornya, Selasa (20/12/2022). 

Menurut Ketua TP. PKK Kecamatan Gambut Maya Handayani, kegiatan ini merupakan bagian pertemuan rutin Rapat Koordinasi dan Pembinaan 10 Program Pokok PKK.

 "Hari ini diisi oleh pembinaan Kelompok Kerja (Pokja) I bidang mengelola program Penghayatan dan Pengamalan Pancasila dan Program Gotong Royong," ujar dia.

Narasumber dari kegiatan pembinaan diisi oleh Ketua Pokja I TP. PKK Kecamatan Gambut Hj. Rusmina. 

Dalam kesempatan tersebut disampaikan teori dan dilanjutkan praktik melaksanakan kegiatan tata cara penyelenggaran jenazah. 

Dengan kegiatan ini diharapkan para anggota PKK Kecamatan dan desa dapat memahami dan mengerti bagaimana tanggung jawab muslim terhadap orang yang sudah meninggal dunia. 

"Ada empat fardhu kifayah terhadap muslim yang meninggal dunia, yaitu memandikan, mengkafani, mensalatkan dan menguburkan," ujar Rusmina.

Kegiatan kali ini dititik beratkan pada proses dari setelah meninggal, cara memandikan dan mengkafaninya serta hal-hal lain yang seharusnya dilakukan oleh orang masih hidup terhadap jenazah. 

Menurut Rusmina petugas yang memandikan lebih baik yang muda karena fisik dan tenaga lebih kuat. Petugas yang dianjurkan orang yang amanah tidak menceritakan aib mayyit, satu jenis kelamin, orang mengerti, lebih tua dan sangat utama kerabat jenazah. 

"Memandikan mengarah kiblat, sekurang-kurangnya mengguyurkan air ke seluruh tubuh. Sebelumnya membersihkan jenazah sangat dianjurkan keluarga dekatnya. Dilanjutkan mengwudhukan jenazah," jelas dia.

Disampaikan tata cara mengkafani dengan kain kafan untuk laki-laki 5 potong kain dan perempuan 7 potong. 

Pada bagian akhir dipraktikan memandikan dan mengkafani jenazah. Hadir pada kegiatan seluruh Ketua TP. PKK Kecamatan, Kelurahan dan Desa serta kader, se Kecamatan Gambut dengan jumlah peserta 75 orang. Juga hadir Pendamping Desa Iswara Wahyuni (IP. Kab. Banjar/ Brigade Gambut/ Hairudin).


Komentar