TP. PKK Gambut Dampingi Bina Anak Asuh Dampak Stunting

Gambut, InfoPublik - Dalam rangka mendukung Pemerintah Kabupaten Banjar untuk percepatan penurunan stunting Tim Penggerak PKK Kabupaten Banjar yang diwakili Hj. Mahdalena dan Hj. Nita Yuliana didampingi Ketua TP. PKK Kecamatan Gambut Maya Handayani dalam program Gitaku Asuh Anak Stunting (GAAS), program ini bertujuan untuk menekan sekaligus mencegah kasus stunting yang ada di Kabupaten Banjar, dilaksanakan dari 12 -14 September 2022.

Dalam pelaksanaannya, kegiatan GAAS ini dilaksanakan selama tiga hari berturut turut dengan mengunjungi anak yang memiliki tinggi badan tidak sesuai dengan usia.

Hari pertama rombongan mengunjungi anak dari pasangan Fani dan Noor Azizah yang berumur 8 bulan di desa Kayu Bawang. Saat pelaporan untuk tinggi badan anak pasangan ini terbilang kurang memenuhi standar ukuran berbadan pendek akan tetapi dalam satu bulan terakhir ternyata perkembangan anak sudah menunjukkan angka normal.

Dalam kegiatan ini Ketua TP. PKK Kabupaten Banjar memberikan PMT berupa bubur untuk bayi dan memberikan cindera mata kepada orang tua bayi.

Pada hari kedua dan ketiga ini TP. PKK Kecamatan Banjar dan TP. PKK kabupaten Gambut kunjungan bergeser ke Desa Guntung Ujung, sesuai laporan dari petugas Kesehatan dari Puskesmas Gambut. 

Bayi usia 9 atas nama Elyas dari pasangan Muhammad Yusuf dan Hamsiah dengan tinggi badan 67 cm masih status pendek.

Ketua TP.PKK Maya Handayani memberi makan bubur yang dibawa oleh TP. PKK Kabupaten Banjar.

"Alhamdulillah bayi sangat menyukai bubur yang diberikan," ucap Maya.

Pesan Hj. Mahdalena dari TP. PKK Kabupaten Banjar kepada orang tua bayi agar menjaga keseimbangan gizi pada anaknya dan memberi ASI yang cukup agar perkembangan anak berada dikategori normal.

Menjaga keseimbangan gizi dengan memberi protein hewani, sayuran dan sumber karbohidrat sesuai dengan arahan Ketua TP. PKK Kabupaten Banjar agar masyarakat terbebas dari kasus stunting.

Juga hadir Sekretaris TP. PKK Kecamatan Gambut Mariya Ulfah dan anggota Nuri Firnida, Bidang Gizi UPT. Puskesmas Gambut Elly Yani, Pambakal Kayu Bawang Hermansyah, Ketua TP. PKK desa Kayu Bawang, Bidan desa. (IP. Kab. Banjar/ Brigade Gambut/ Hairudin).


Komentar