TNI Dukung Program Kemenkes RI Percepatan Kesling Sanitasi Didesa Keladan Baru Gambut

Martapura, InfoPublik - Heyginis dan sanitasi lapangan kebersihan lingkungan merupakan harapan pemerintah daerah dalam menciptakan lingkungan agar tetap bersih.Hal tersebut dilakukan Babinsa Koramil 1006-08/Gambut pendampingan bersama Aparatur desa Koordinasi Kesehatan Lingkungan Sanitasi 2021 yang berlangsung di Puskesmas Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan, Senin, (19/4/2021) pagi. 

Turut dihadiri Ketua Tim KesLing Sanitasi Puskesmas Kecamatan Gambu ibu Indah juga aparatur desa Keladan Baru dan desa Sungai Kupang serta aparat TNI.

Ketua Tim Sanitasi Lingkungan Ibu Indah menuturkan bahwa pihaknya secepat mungkin berkoordinasi dan pembahasan juga sosialisasi dibantu para Babinsa.

Warga harus melengkapi persyaratan untuk Merencanakan percepatan Pembentukan Kelompok Kerja Masyarakat(KKM) didesa ini Kemudian memastikan dan menetapkan para Penerima Bantuan dari Kementrian Kesehatan KesLing Sanitasi Pembuatan WC sebanyak 6 buah untuk 6 kepala keluarga desa Keladan Baru dan Desa Desa Sungai Kupang.

Kegiatan ini merupakan upaya pemerintah melalui Kementerian Kesehatan RI dan Bekerjasama dengan TNI.

"Diharapkan pendekatan perilaku program higiene dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat  sebagai upaya pemerintah untuk memberikan pemahaman kepada Masyarakat tentang perilaku hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari hari."

Jadi kami sosialisasi terlebih dahulu dan koordinasi bersama aparat terkait didesa sehingga pada pelaksanaan nanti sudah siap dan sarana Wc atau jamban kita perbaiki sistemnya dimasyarakat untuk
menurunkan angka buang air besar sembarangan." Tutup Indah"

Babinsa Desa Keladan Baru Sersan Kepala Sriyanto meminta agar Warga Masyarakat harus bisa menciptakan lingkungan bersih dan sehat menuju sejahtera, dengan cara menjaga kesehatan baik kesehatan pribadi maupun lingkungannya.

Meski ada program dari TNI JAMBANISASI yang kini juga sudah berjalan didesa warga tetap menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan, kami dari TNI siap membantu mendukung pemerintah. Sementara itu Aparat Desa Keladan Baru Ahmad ( 46 ) mengucapkan terimakasih banyak atas perhatiannya , warga sangat termotivasi agar  dalam menjaga kesehatan pada lingkunganya melalui program sanitasi lingkungan.(MC/kiki/kominfo kab.banjar)


Komentar