Tingkatkan Pangsa Pasar Sasirangan Nasional dan Internasional, DKUMPP Banjar Lakukan Pembinaan IKM

Martapura, InfoPublik - Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan (DKUMPP) Banjar melalui bidang Perindustrian selalu rutin melakukan berbagai pembinaan kepada IKM (pelaku usaha) Kabupaten Banjar. 


Salah satu komoditi usaha para IKM adalah usaha pembuatan kain sasirangan. Dari data terakhir tahun 2020 terdapat 76 pelaku usaha/perajin/IKM kain sasirangan di Kabupaten Banjar yang tersebar di Kecamatan Martapura Kota, Kertak Hanyar, Gambut, Karang Intan, Simpang Empat dan Aranio, Rabu (7/9/2022).


Kepala DKUMPP Banjar, I Gusti Made Suryawati, dalam salah satu kegiatan pembinaan IKM sasirangan di keluraham Sekumpul Kecamatan Martapura Kota bersama jajarannya dari bidang Perindustrian menjelaskan bahwa  pembinaan yang dilakukan adalah dengan melakukan anjangsana/peninjauan ke tempat lokasi usaha  pembuatan sasirangan.


Serta memberikan pelatihan dan mengikutsertakan mereka dalam seminar dan pertemuaan membahas tentang sasirangan dan cara bersaing dalam pangsa pasar dan meningkatkan kreasi serta bekerjasama dengan instansi terkait dalam mengedukasi mereka mengelola limbah  proses pewarnaan agar tidak mencemari lingkungan.


I Gusti Made Suryawati berharap agar kain sasirangan tetap eksis dan terus berkembang untuk merambah pangsa pasar nasional dan internasional, dan perajin sasirangan terus berkarya, berkreasi dan berinovasi agar terus tumbuh dan berkembang untuk  meningkatkan pendapatan keluarga sekaligus mengurangi angka pengangguran dan menambah tenaga kerja baru serta mempercepat pemulihan ekonomi di Kabupaten Banjar. (IP Kab. Banjar/Brigade DKUMPP)


Komentar