Tingkatkan Kualitas Keluarga, DP2KBP3A Banjar Gelar Rakor TPK2D

Martapura,InfoPublik – Peran keluarga pada setiap perkembangan anak sangat memberikan pengaruh besar dalam mewujudkan cita-cita anak di masa yang akan datang. Salah satu upayanya meningkatkan mutu kualitas sumber daya manusia melalui Pendidikan.

 

Hal ini diungkapkan Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat H. Masruri saat memberikan arahan kepada peserta Rapat Koordinasi Tim Peningkatan Kualitas Keluarga Daerah (TPK2D) yang diselenggarakan Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Banjar, di Aula Barakat Lantai II Kantor Bupati Banjar, Martapura, Rabu (10/11/2021) pagi.

 

Menurutnya, saat ini ada empat kegiatan daerah dalam penyelenggaraan peningkatan kualitas keluarga, masing-masing pencegahan perkawinan anak,  pemenuhan hak anak atas ASI eksklusif, mendekatkan ibu pada pelayanan kesehatan serta meningkatkan ketahanan keluarga dengan lima komponen/dimensi dan 24 indikator.

 

Dijelaskannya, ketahanan keluarga dibangun dari lima bagian/komponen, yaitu landasan legalitas struktur dan kesetaraan dan kemitraan gender dalam keluarga, ketahanan fisik, ketahanan ekonomi, ketahanan sosial psikologi dan ketahanan sosial budaya.

 

“Keluarga yang berkualitas adalah kondisi keluarga yang mencakup aspek pendidikan, kesehatan, ekonomi, sosial budaya, kemandirian keluarga, mental spiritual serta nilai-nilai agama yang merupakan dasar untuk mencapai keluarga yang sejahtera,”jelasnya.

 

Digelarnya rakor ini. Salah satu dasar hukum pelaksanaan menurut Surat Keputusan Bupati Banjar nomor 188.45/308/KUM/2021 tanggal 12 Agustus 2021 tentang peningkatan kualitas keluarga daerah tingkat Kabupaten Banjar. Dimana ketahanan keluarga adalah kondisi dinamik suatu keluarga yang memiliki keuletan dan ketangguhan serta mengandung kemampuan fisik materil dan psikis.


Turut hadir Kepala Dinas P2KBP3A Kab. Banjar Hj. Siti Hamidah didampingi Kabid Pemberdayaan Perempuan Merilu Ripner, Ketua Pokja I Mahdalena, Camat Mataraman Agus Hidayat, Pambakal Bawahan Seberang Fahmi Fauzi serta SKPD terkait. (MC Kominfo Kab. Banjar/Melda/Man)


Komentar