Tingkatkan Keamanan Informasi, Kominfo Banjar Gelar Bimtek Renduk KAMI

Martapura, InfoPublik - Berdasarkan laporan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) tahun 2021, dari 1 Januari sd 31 Desember 2021 telah terjadi 1,6 juta anomali atau percobaan serangan siber ke Infrastruktur IT di Indonesia. Di antaranya serangan berupa Web Defacement atau perubahan halaman website secara ilegal oleh hacker.

 

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (DKISP) Kabupaten Banjar HM Aidil Basith saat membuka Bimbingan Teknis Rencana Induk Keamanan Informasi (Renduk KAMI) di Aula kantor DKISP Banjar, Martapura, Rabu (18/5/2022) pagi.

 

“Sesuai dengan amanat Undang Undang 23 tahun 2014, urusan Persandian untuk Pengamanan Informasi. Pemerintah Kabupaten Banjar diamanatkan untuk menyelenggarakan kegiatan Persandian Pengamanan Informasi lingkup Pemkab Banjar yang menjadi tupoksi Diskominfo Statistik dan Persandian,”ujar Basith.

 

Diharapkan dengan dilaksanakannya Bimtek ini, para peserta tidak hanya dapat memahami apa yang dimaksud dengan indeks KAMI, bagaimana proses pelaksanaan audit, tetapi juga dapat mengetahui bagaimana langkah untuk meningkatkan kualitas pengamanan informasi di lingkup SKPD.

 

Sementara itu Kepala Bidang Penyelenggaraan E Government Cornelius Kristyanto yang menjadi narasumber, menjelaskan salah satu usaha DKISP Banjar untuk meningkatkan keamanan informasi di lingkup Pemkab Banjar adalah melaksanakan Audit Indeks Keamanan Informasi atau Indeks KAMI.

 

"Indeks KAMI adalah sebuah tools untuk mengukur dan mengevaluasi tingkat pengamanan sistem informasi dan aplikasi yang ada di instansi, sehingga nantinya hasil Audit Indeks KAMI dapat digunakan sebagai bahan evaluasi dan penyusunan perencanaan peningkatan kualitas keamanan informasi di seluruh SKPD lingkup Pemkab Banjar,"jelasnya.

 

Adapun peserta Bimtek terdiri dari SKPD lingkup Pemkab Banjar dan yang menjadi narasumber Abdul Hafizh dari Diskominfo Provinsi Kalsel dan Cornelius Kristyanto Kabid E- Government DKISP Kabupaten Banjar. (MC Kominfo Kab. Banjar/Fuad/Man)


Komentar