Tim Peningkatan Kualitas Keluarga Daerah Kabupaten Banjar Terus Gelar Pembinaan

Martapura, InfoPublik - Bekerjasama dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Provinsi Kalimantan Selatan gelar kegiatan industri rumahan pembuatan kue kering, akar pinang, kecipir tepung ketan, kue wingko, onde-onde ciput, keripik pisang dan bolu ubi kayu, Kamis (7/7/2022) di Kantor Desa Salat Makmur.


Acara dibuka oleh Kasi Kualitas Hidup Perempuan PPPA Kalsel Sri Pamungkas Ayu di dampingi Kabid Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Dinsos P3AP2KB Kabupaten Banjar Merilu Ripner, Kasi Kualitas Hidup Perempuan dan Kualitas Keluarga Rohmini.


Sri Pamungkas Ayu mengatakan kegiatan ini bertujuan meningkatkan keterampilan perempuan dalam pengembangan industri rumahan, meningkatkan kewirausahaan perempuan dan meningkatkan pendapatan keluarga. Kesetaraan gender untuk perempuan tidak ada kendala untuk sama dengan laki-laki.


“Rencana pengembangan industri rumahan ini ada beberapa tahapan, yang mana hari ini kita melaksanakan pelatihan pada satu kelompok perempuan yang akan dilaksanakan di 13 Kab/Kota dengan 25 peserta dari desa/kecamatan yang locusnya telah ditentukan oleh Kab/Kota, untuk Kabupaten Banjar memilih Desa Salat Makmur sebagai tempat pelatihannya dan akan kita evaluasi 5 bulan kemudian,"ucap Ayu.


Ditambahkannya, apakah ibu-ibu setelah pelatihan ini akan melanjutkan melakukan usaha, setidaknya menambah pendapatan di rumah dan untuk kelompok yang berkembang akan mendapatkan dukungan dari pemerintah dan stakeholder lainnya. 


"Kami akan memberikan penilaian dan penghargaan kepada kelompok yang berkembang,"tutur dia.


Ditempat yang lain juga dilaksanakan pembinaan dan koordinasi Rumah Data Kependudukan oleh Kabid Pengendalian Penduduk dan keluarga penerima manfaat oleh Kasi Pendampingan dan Pemberdayaan Fakir Miskin.


Kabid Pengendalian Penduduk Dinsos P3AP2KB Banjar Seger menjelaskan data yang di buat sudah bagus dan tolong diperbaharui tiap bulannya.


Sementara, Kasi Pendampingan dan Pemberdayaan Fakir Miskin Dedi ntuk desa Salat Makmur 10 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang masuk di DTKS Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) oleh kementerian sosial RI (dana APBN) yang telah diusulkan.


Turut hadir Sekretaris Dinsos P3AP2KB Banjar H. Sukasto, Pambakal Desa Salat Makmur Syamsiar, Perwakilan Kecamatan Beruntung Baru, Sekretaris Desa Salat Makmur. (IP Kab. Banjar/Rahman/brigade dinsosp3ap2kb)


Komentar