Sosialisasi Peningkatan Wawasan Kebangsaan dan Cinta Tanah Air

Martapura,Info Publik – Dalam Rangka meningkatkan cinta tanah air Indonesia tentang 4 Pilar Wawasan Kebangsaan di Kabupaten Banjar.


Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Kabupaten Banjar Melaksanakan Sosialisasi Peningkatan Wawasan Kebangsaan dan Cinta Tanah Air, di Aula Bakesbangpol Banjar, Kamis (16/6/2022).


Kegiatan ini dibuka Kepala Badan Kesbangpol Banjar Safrin Noor didampingi Kepala Bidang Hj. Gt Ellyana dengan menghadirkan Narasumber dari Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Rakhmat Dhany, Naimah dari Akademis Universitas Islam Negri Antasari Banjarmasin dengan mengundang para peserta Pelajar  dan Organisasi Masyarakat (Ormas) Banjar.


Safrin Noor Menyampaikan Wawasan Kebangsaan pada hakekatnya merupakan suatu pandangan yang mencerminkan sikap dan kepribadian bangsa Indonesia yang memiliki rasa cinta tanah air, menjunjung tinggi kesatuan dan persatuan, memiliki rasa kebersamaan sebagai bangsa untuk membangun Indonesia menuju masa depan yang lebih baik, di tengah persaingan dunia yang globalistik, tanpa harus kehilangan akar budaya yang telah dimilikinya.


"Peranan wawasan kebangsaan dalam mewujudkan keutuhan bangsa tidak terlepas dari empat pilar utama kehidupan berbangsa dan bernegara. Karena melalui empat pilar itu: Pancasila, UUD 45, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika,segala perbedaan dapat dipersatukan demi keutuhan bangsa,"jelas Safrin.


Sementara Naimah menyampaikan Dengan wawasan kebangsaan yang dilandasi oleh pandangan hidup Pancasila, bangsa Indonesia telah berhasil merintis jalan menjalani misinya di tengah-tengah tata kehidupan di dunia dan kita pun menebarkan virus atas cinta tanah air Indonesia banggalah menjadi Bangsa Indonesia.


"NKRI yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur bertekad untuk mewujudkan bangsa yang maju dan mandiri serta sejahtera lahir batin, sejajar dengan bangsa lain yang sudah maju dengan mengimbau “cintalah  kepada negara tempat kita dilahirkan, dibesarkan, dan memperoleh kehidupan di dalamnya,"ungkap Naimah.


Rakhmat Dhany juga menyampaikan wawasan kebangsaan suatu wawasan yang mementingkan kesepakatan, kesejahteraan, kelemahan, dan keamanan bangsanya sebagai titik tolak dalam berfalsafah berencana dan bertindak dengan demikian Indonesia adalah negara kepulauan. 


"Terdapat 17.504 pulau yang termasuk ke dalam wilayah kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia menurut Deputi Kedaulatan Maritim Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, di mana 16.056 pulau telah dibakukan namanya di PBB hingga Juli 2017,"pungkas dia. (IP Kab. Banjar/Brigade/Kesbangpol/Yati)


Komentar