Sosialisasi Pelayanan Geriatri Terpadu RSUD Ratu Zalecha Martapura

Martapura,InfoPublik - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ratu Zalecha Martapura menggelar sosialisasi pelayanan poliklinik Geriatri yang dihadiri oleh Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) di Kabupaten Banjar Puskesmas, BPJS Kesehatan, dan Perwakilan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar, Kamis (16/12/2021).

Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Direktur Pelayanan drg. Agus Dwi Karyanto.

Poliklinik Geriatri sendiri sebenarnya sudah buka sejak tahun lalu tetapi sosialisasi yang masih kurang akibat pendemi covid-19. Saat inj Poliklinik Geriatri buka setiap hari jumat jam 08.00 Wita, tetapi tidak menutup kemungkinan hari pelayanan akan ditambah dikemudian hari apabila ada peningkatan jumlah kunjungan. 

Dalam kesempatan ini dr. Syafitri Yuliani, Sp.PD menyampaikan materi geriatri terkait penyakit dalam, kemudian dr. Winda Oktariani A.A., Sp.KJ terkait geriatri kejiwaan dan dilanjutkan dr. Taufik Rahmadi, Sp.GK terkait Geriatri Gizi. 

Poliklinik Geriatri adalah poliklinik yang memberikan pelayanan khusus kepada pasien yang berusia di atas 60 tahun dan yang memiliki lebih dari 2 masalah kesehatan (penyakit) serta masalah geriatri lainnya. 

Target pelayanan geriatri adalah pasien sehat, mandiri, aktif, dan produktif, dimana pasien dengan kriteria geriatri diberikan pelayanan yang lebih spesial daripada pasien lain, seperti loket pendaftaran sendiri agar tidak ikut antrian,  dan kedepannya akan diberikan perlakuan-perlakuan khusus agar mempermudah proses layanan. 

Dengan diselenggarakannya sosialisasi ini diharapkan kepada Puskemas dapat merujuk pasien dengan kreteria geriatri ke Poliklinik Geriatri RSUD Ratu Zalecha dan pihak BPJS Kesehatan agar bisa memfasilitasi pasien geriatri yang juga sebagai peserta BPJS. (IP Kab. Banjar/Brigade RSRaza/lesmana-humasrsraza) 


Komentar