Sosialisasi, Pelatihan dan Penyegaran (Refresh) APAR di RSUD Ratu Zalecha

Martapura, InfoPublik - Setelah beberapa kali tim K3RS melakukan sosialisasi penggunaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) kali ini tim langsung memberikan praktik untuk lebih menambah pengetahuan dan keterampilan tentang penggunaan APAR terhadap karyawan baru RSUD Ratu Zalecha Martapura.

Sekaligus mengingatkan kembali (refresh) pengetahuan dan keterampilan penggunaan APAR terhadap karyawan lama RSUD Ratu Zalecha Martapura. Kegiatan ini dilaksanakan, Jumat (23/9/2022) di halaman ruang perawatan Ar-Raudah dan diikuti seluruh Karyawan baru dan lama RSUD Ratu Zalecha Martapura.

Asep  selaku sekretaris di K3RS memberikan penyampaian kepada seluruh peserta tentang Prosedur penggunaan APAR yang  harus diketahui oleh seluruh karyawan rumah sakit.
Metode penggunaan APAR yang singkatnya adalah

 “CARRA = 
Cabut pin pengaman, 
Arahkan nozel ke titik api, 
Remas tuas apar, dan 
RAtakan.

“Jika ada API ingat APAR dan ingat CARRA untuk menggunakannya," ujar dia.

Dikatakan, Seluruh karyawan di rumah sakit harus mampu menggunakan APAR jika terjadi kebakaran di lingkungan rumah sakit.

Jika api semakin membesar segera aktifkan “Kode Merah” dengan menekan alarm kebakaran yang ada di tiap-tiap ruangan, dan lakukan prosedur evakuasi pasien, dokumen, dan alat Kesehatan sesuai SPO Kegawatdaruratan Merah “Kode Merah”.

Acara sosialisasi dan pelatihan ini dihadiri juga oleh Kepala Bidang Penunjang Medik, Arief rachman, Ia berharap dengan adanya kegiatan Sosialisasi, Pelatihan dan Penyegaran (Refresh) Penggunaan Alat Pemadam Api Ringan ini seluruh karyawan dapat menguasai metode CARRA sebagai dasar penggunaan APAR di lingkup kerja masing masing. (IP Kab. Banjar/Brigade Raza/memedhumasraza)


Komentar