Kesbangpol Banjar Gelar Sosialisasi Ketahanan Seni Budaya Banjar Tahun 2021

Martapura,InfoPublik -  Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Banjar kembali  melaksanakan kegiatan  sosialisasi Ketahanan Seni dan Budaya Banjar yang dilaksanakan di Aula Badan Kesbangpol Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Rabu (1/12/2021).


Kegiatan ini dibuka Kepala Badan Kesbangpol Banjar Aslam dengan menghadirkan dua narasumber yang kompeten di bidang seni dan kebudayaan. Yakni H. Humaidi Saleh dan Noorkhalis Majid dengan mengundang beberapa ormas kepemudaan, para pelajar siswa/siswi, mahasiswa/mahasiswi serta para penggiat seni yang berdomisili di Kabupaten Banjar.


Kaban Kesbangpol Banjar Aslam menyampaikan ada dua hal yang disoroti dalam pelaksanaan sosialisasi Ketahanan Seni dan Budaya kali ini.Yakni faktor eksternal dan internal yang membuat budaya Indonesia mulai terkikis, Selain daripada itu juga acara ini ialah bagian dari program kerja Badan Kesbangpol Banjar pada bidang Ketahanan Seni Budaya Agama, Ekonomi dan Kemasyarakatan. Faktor eksternal berupa masuknya budaya-budaya luar yang menjadikan bangsa Indonesia kehilangan jati dirinya. 


"Sedangkan faktor Internal adalah lunturnya rasa mencintai dan menghargai budaya khas Indonesia, bergesernya kultur asli, dan hilangnya nilai-nilai kearifan yang diwariskan oleh nenek moyang kita,"jelasnya.


Aslam juga menambahkan dengan demikian, tujuan kegiatan ini dapat meningkatkan rasa gotong royong dan optimisme pembangunan dalam mewujudkan ketahanan budaya, sebagai salah satu pilar Negara Kesatuan Republik Indonesia. (IP Kab. Banjar/Brigade kesbangpol/yati)


Komentar