Sosialisasi Kegiatan Sensus Pertanian 2023

Martapura, InfoPublik - Badan Pusat Statistik (BPS) akan melakukan Sensus Pertanian (ST) pada 2023 untuk memetakan masalah pertanian dan pangan nasional. 

Sensus yang digelar setiap 10 tahun sekali ini diharapkan juga dapat menjawab isu global dan tantangan seputar masalah pangan. Sensus pertanian juga diharapkan dapat menjawab isu global seperti ketahanan pangan, kualitas dan keamanan pangan serta keberlanjutan dan tantangan nasional seputar pangan.

Dalam hal ini BPS Prov Kalsel, BPS Kab. Banjar bekerjasama dengan Dinas Pertanian Banjar melalui Bidang Sarana Pertanian, Perkebunan dan Peternakan untuk mensosialisasikan Sensus Pertanian.

Kegiatan ini dihadiri Plt Kadis Pertanian Ahmadi, Kabid Sarana Pertanian Nurul Chatimah, BPS Prov. Kalsel, BPS Kab. Banjar, Penyuluh Pertanian dan Mantri Tani, di Aula Dinas Pertanian, Kamis (8/12/2022).

Dalam sambutan sekaligus membuka acara Ahmadi mengatakan ini merupakan suatu kehormatan bagi kita karena Dinas Pertanian dibantu oleh BPS dalam rangka Sensus Pertanian, ini hal sangat menguntungkan bagi kita karena selama ini data pertanian yang dinamis dan selalu berkembang.

"Apalagi sensus pertanian ini dilaksanakan 10 tahun sekali. Sensus Pertanian yang mencakup sektor pertanian itu banyak ragamnya diantaranya ketahanan pangan, hortikultura, perkebunan, peternakan, perikanan, kehutanan dan jasa pertanian. Harapannya dengan adanya sensus ini bisa menjawab dengan data yang kita harapkan," ungkap dia. (IP Kab. Banjar/Brigade Distan Syaripuddin) 


Komentar