DPKP Banjar Gelar Pembekalan Dasar Penanganan Kebakaran di Desa Rantau Nangka

Martapura, InfoPublik - Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kabupaten Banjar melalui Bidang Pencegahan menggelar Sosialisasi Penangan Pencegahan Kebakaran di Desa Rantau Nangka Kecamatan Sungai Pinang, Kamis (8/12/2022).

Kegiatan ini bertujuan untuk pemenuhan standar keamanan desa dan kelurahan seluruh Kabupaten Banjar khususnya di Bidang Pencegahan Kebakaran. Perangkat desa, Babinsa TNI, BPBD, relawan dan warga berhadir di berikan pengetahuan simulasi dengan tiga tahap.

Kabid Pencegahan Eddy Elminsyah Jaya menjelaskan Penangan kebakaran berasal dari tabung gas, Penangan kebakaran skala kecil/sedang menggunakan kain basah dan Penangan kebakaran skala kecil/sedang menggunakan APAR.

"Dibentuknya relawan pemadam kebakaran desa agar memiliki garda utamanya dalam penanggulan bencana terutama bencana kebakaran di desa dan kelurahan mereka," ujar Eddy.

Sementara Kepala Desa Rantau Nangka mengatakan Perangkat Desa dan warga sangat antusias terhadap pelaksanaan simulasi dan sosialisasi ini.

"Saya dan warga sangat antusias ingin mengetahui tentang bahaya kebakaran dan cara pencegahan serta penanggulangan," ucap dia.

Lanjut Eddy Program ini akan terus dilaksanakan di Desa dan Kelurahan lainnya dengan tujuan akhir berkurangnya dampak kerusakan dan kerugian dari bahaya kebakaran khususnya di wilayah Kabupaten Banjar. (IP Kab. Banjar/Brigade DPKP/SAY17)


Komentar