Sidak Harga Bapok, Beras Banjar Naik Signifikan

Martapura, InfoPublik - Jelang pergantian tahun 2022-2023 Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Bagian Ekonomi dan SDA lakukan inspeksi mendadak (sidak) terhadap beberapa harga kebutuhan pokok, di Pasar Bauntung Batuah Martapura, Sabtu (31/12/2022) pagi.

Kegiatan dipimpin Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Ikhwansyah  bersama beberapa staf Bagian Ekonomi, Perumda Pasar Bauntung Batuah (PBB), Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan, menyasar ke beberapa pedagang daging, telur, beras, dan kebutuhan pokok lainnya.

Terpantau ada kenaikan harga pada beberapa komoditi. Kenaikan harga paling siginfikan terjadi pada beras Banjar (beras mayang, siam) seharga Rp 18 ribu.

Salah satu pedagang beras Hj Masniah mengungkapkan, kenaikan harga beras Banjar sudah terjadi sepekan terakhir. Ia berharap kepada pemerintah daerah agar dapat mencari solusi, karena diprediksi harga tersebut akan terus merangkak naik.

Menyikapi hal tersebut, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Ikhwansyah mengatakan, Pemkab Banjar telah melakukan kegiatan pasar murah untuk membantu masyarakat. Ke depan pihaknya akan mengadakan rapat khusus terkait kenaikan harga beras ini.

“Faktor cuaca menjadi salah satu penyebab utama kenaikan beberapa harga kebutuhan pokok, dimana sempat terkendala transportasi pendistribusian ke pasar. Ini menjadi tugas pemerintah dalam upaya menstabilkan harga komoditas guna menghindari inflasi nantinya," ujar Ikhwansyah.

Kebiasaan masyarakat lebih suka menkonsumsi beras Banjar. Menurutnya, tak ada salahnya masyarakat diedukasi untuk bisa mengkonsumsi beras Jawa yang harganya lebih murah.

Beberapa harga komoditi yang terpantau dalam sidak :
– Daging campur Rp. 125.000/kg.
– Daging murni Rp. 135.000/kg.
– Bawang merah mengalami penurunan harga Rp 2 ribu menjadi Rp 32.000/kg.
– Bawang putih mengalami kenaikan harga Rp 2 ribu menjadi Rp 24.000/kg.
– Ayam potong berkisar antara Rp 23 – 24 ribu.
– Minyak goreng curah Rp 12.500.
– Minyak goreng kemasan bervariatif, tertinggi Rp 15.000,
– Telur ayam Rp 30.000/kg.
(MC Kominfo Kab. Banjar/Pepen/Bagus/Man)


Komentar