Sekda Banjar Ingatkan SKPD Siap Hadapi Bencana

Martapura, InfoPublik - Sekda Banjar H Mokhamad Hilman mengingatkan SKPD untuk siap dalam peenanggulangan bencana.
Hal ini disampaikan beliau saat membuka Forum Discusion Group (FGD) di Command Center Martapura, Rabu (15/9/2021).

Hadir ditempat tersebut Kepala BPBD Kabupaten Banjar H.M. Irwan Kumar Ketua Panitia FGD Virtual Perhitungan Mandiri Indeks Ketahanan Daerah Kabupaten Banjar Rudi Ifansyah, Moderator Kasi Kesiapsiagaan Yayan Dariyanto, dengan Narasumber Penyuluh Bencana BPBD Provinsi Kalimantan Selatan Ariansyah Sementara 18 SKPD mengikuti acara tersebut secara vortual di tempat masing-masing.

Disebutkan, indikator keberhasilan penanggulangan bencana di suatu daerah adalah dengan berkurangnya Indeks Risiko Bencana (IRB) dan meningkatnya Indeks Kapasitas Daerah (IKD).

"Sebagai upaya untuk melakukan perhitungan IRB adalah dengan cara menghitung IKD yang dapat dihitung dengan melengkapi semua komponen berdasarkan 71 indikator terkait penanggulangan bencana. Oleh karena itu diharapkan kepada seluruh Perangkat Daerah terkaitu dapat berpartisipasi aktif dalam pengisian 71 indikator disertai dengan bukti dukung yang diperlukan," ujar Hilman.
Dengan demikian lanjut dia, dapat mengetahui pada indikator mana yang masih perlu mendapat perhatian dan perlu ditingkatkan. 

Selaku jajaran pemerintahan, Hilman berharap kesiapsiagaan menghadapi bencana alam haruslah dengan bersungguh-sungguh dalam menanggulangi jika terjadi bencana di wilayah Kabupaten Banjar. 
"Kami juga mengucapkan terimakasih dan apresiasi seluruh stakeholder terkait yang telah bekerja keras dan bekerjasama sekaligus terlibat dalam penanggulangan penanganan bencana alam di daerah ini," ujarnya. 

BPBD Kabupaten Banjar berperan dalam melaporkan secara rutin besaran IRB kepada BNPB l,agar dapat memperbaharui data IRB Indonesia setiap tahunnya.

(MC.Kominfo Kab Banjar/InkaRegina/Lydia)


Komentar