Sekda Banjar Membuka Resmi Webinar Banjar Broadcast Talk Secara Virtual

Martapura, Infopublik - Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar menggelar Webinar Banjar Broadcast Talk Let's Talk About  "Menjadi Broadcaster Profesional di Era Digital" di Command Center Barokah Martapura, Rabu, 25 November 2020. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Sekda Banjar H.M.Hilman secara virtual. Webinar dihadiri oleh Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar H.M.Aidil Basith, Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Kominfostandi Banjar selaku Direktur Radio Suara Banjar FM Eddy Elminsyah Jaya, Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Kalimantan Selatan H.Milyani, Direktur Program Motion FM (Sonora Group) Jakarta Anton Wahyudi, Station Manager Motion FM Ellyda Jumiati, Manager Studio dan Teknik Radio Suara Banjar FM Akhmad Effendy, Manager Umum dan Pemasaran Radio Suara Banjar FM Ronny Lattar dan seluruh peserta webinar.

Sekda Banjar H.M.Hilman saat membuka webinar secara resmi mengatakan webinar ini merupakan kesempatan yang baik dalam menambah informasi dan meningkatkan kemampuan broadcaster.

"Mendapatkan informasi dari narasumber yang terpercaya dan profesional, harapannya kesempatan yang baik ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya guna meningkatkan kemampuan broadcaster dan juga keingintahuan. Memilih profesi broadcaster bagi generasi muda, memanfaatkan kesempatan di era digital, memberi sumbangan bagi pembangunan bangsa dan negara" jelasnya.

Kepala Dinas Kominfostandi Kabupaten Banjar H.M.Aidil Basith dalam sambutannya mengemukakan pentingnya profesionalisme dan kreatifitas dari para broadcaster dalam menghadapi era digital.

"Dunia broadcasting saat ini dituntut memiliki SDM yang profesional dan kreatif, supaya dapat mengikuti dan beradaptasi dengan kemajuan teknologi yang setiap hari terus berkembang, perubahan budaya, hal-hal menjadi terstruktur dan praktis banyak menggunakan aplikasi, dunia broadcasting harus siap dengan tantangan tersebut" ujarnya.

Narasumber webinar Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Kalimantan Selatan H.Milyani dalam pemaparannya menyebutkan tentang Kode Etik Jurnalistik antara lain bersikap independen, menghasilkan berita yang akurat, berimbang, dan tidak beritikad buruk. Senada dengan itu, Direktur Program Motion FM (Sonora Group) Jakarta Anton Wahyudi mengemukakan mengenai kemampuan dasar dari seorang Broadcaster yakni suara yang jelas, kemampuan berkomunikasi termasuk mendengarkan narasumber, dan juga yang terutama personality.

Webinar dilaksanakan dengan tujuan menambah wawasan bagaimana menjadi broadcaster handal. Selain wawasan mengenai penyiaran, broadcaster juga diharapkan memiliki minat dibidang lain seperti dalam bidang musik, tari, masak, dan lainnya. Kemudian di era digital tentu saja seorang broadcaster perlu memiliki rasa ingin tahu yang tinggi sehingga tidak cepat terpengaruh hoax, serta keberanian dalam mencoba konsep baru. Pada webinar ini dilaksanakan penandatangan kerjasama Motion FM dan Radio Suara Banjar FM tentang penyelenggaraan Webinar Banjar Broadcast Talk Let's Talk About  "Menjadi Broadcaster Profesional di Era Digital" dan kegiatan lainnya oleh Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar H.M.Aidil Basith dan Station Manager Motion FM Ellyda Jumiati. Di akhir webinar dilaksanakan penyerahan sertifikat kepada kedua Narasumber.(MC.Prs/Regina)


Komentar