Aktivitas Perdagangan Pasar Pagi di Desa Peramasan Bawah

Paramasan, InfoPublik - Dalam rangka menata aktivitas perdagangan, Sektertaris Kecamatan Paramasan Muhammad Farid bersama Kasi Pemberdayaan Masyarakat Disransyah kunjungi pasar tradisional di Desa Paramasan bawah Dusun Munggu Lahung, Kamis (27/1/2022).

 

Kegiatan pasar yang berlangsung setiap pagi Kamis ini banyak pedagangan yang berasal dari daerah sekitar seperti dari Barabai, Kandangan dan Loksado.

 

Sedangkan pengunjungnya berasal dari empat Desa yang ada di kecamatan Paramasan, Desa Paramasan Atas, Desa Paramasan Bawah, Desa Remo dan Desa Angkipih. Kebanyakan dari warga setempat berjualan hasil bumi yaitu Keminting kupas, Keminting kulit, Kayu Manis, jengkol dan pinang yang sudah dikupas.

 

Berbeda dengan sembako yang untuk kebutuhan sehari hari, sedangkan hasil perkebunan yang membelinya adalah para pengumpul dari luar daerah untuk dijual ke daerah lain lagi.

 

Asman salah seorang pengumpul hasil perkebunan warga setempat mengatakan, "Hasil perkebunan yang didapatkan adalah berasal dari para petani yang datang ke rumahnya dan siap diantar lagi keluar daerah,"tuturnya.

 

Sementara Sekretaris kecamatan Paramasan Muhammad Farid mengatakan, perlu adanya pembinaan dari Dinas terkait agar para petani dan pekebun dapat menjual hasil bumi mereka ke orang yang tepat bukan kepada para tengkulak.

 

“Sehingga warga setempat dapat menikmati hasil jerih payahnya dengan adil,”ungkapnya. (IP Kab. Banjar/Brigade Kecamatan Paramasan/Disransyah).


Komentar