Sampaikan Dampak Positif Dari Internet Bantu Anak Dalam Belajar Mengeksplorasi

Martapura, InfoPublik - Teknologi informasi yang terus berkembang pesat mengubah cara orang untuk bersosialisasi, belajar, bekerja, dan berbagai kegiatan lainnya. Perubahan dalam era digitalisasi ini diungkapkan dalam Webinar Literasi Digital bersama KOMINFO RI dalam topik "Masuki Era Transformasi Digital", Senin, (13/09/2021) Via Zoom Meeting. 

Bupati Banjar H. Saidi Mansyur menyampaikan Keynote Speech, dengan Moderator Aulia Mawardika dan Key Opinion Leader Jihan Novita - News Presenter and Producer Kompas TV yang menyampaikan materi Positif Kreatif dan Aman di Internet.

dr. Fiska Suratomono Medical Doctor, Enterpreneur, and Owner @the_crown_clinic, menyampaikan dampak positif dari internet antara lain membantu anak dalam belajar mengeksplorasi, melatih kognitif, meredakan ketegangan atau memberi hiburan, dan berafiliasi dengan teman sebaya. Namun tentu saja harus dibatasi karena bisa memberikan dampak negatif. 

"Misalnya rekreasi outdoor asal sejenak bisa melupakan internet. Dan juga membatasi penggunaan internet hanya untuk belajar. Sebagian dari orang tua memukul anaknya karena telah merusak HP nya, tetapi kenapa tidak ada orang tua memukul hapenya karena merusak anaknya" ujarnya

Dampak negatif yang diakibatkan ketergantungan internet yaitu mengganggu pendidikan, menyebabkan kurang tidur dan juga mengganggu keakraban dengan keluarga. Penggunaan internet berlebih ditandai dengan anak lebih memprioritaskan game atau menggunakan media sosial dibandingkan mengerjakan kewajibannya. Narasumber lainnya dalam kegiatan ini yaitu Dosen Institut Agama Islam Darussalam Amiruddin dan Dosen dan ASN Pemkab Banjar Khairullah Anshari.

(Reporter. Kominfo Kab Banjar/InkaRegina)


Komentar