Saidi Mansyur Resmikan Pojok Kreasi

Martapura, InfoPublik - Rapat Koordinasi Mingguan kali ini dilaksanakan di Aula Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Banjar, senin, (19/07/2021) . 

Rapat dihadiri Bupati Banjar H. Saidi Masyur, Wakil Bupati Banjar H. Said Idrus Al-Habsyie, Sekda Banjar H. M. Hilman, Para Asisten Setda Banjar, Para Staf Ahli, Kepala SKPD Banjar dan seluruh peserta rapat. Agenda Rapat antara lain membahas tentang peningkatan kasus Covid-19, yang mana sampai pada tanggal 19 Juli 2021 kasus terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 387 sedangkan pada bulan Juni sebanyak 162.

Bupati Banjar H.Saidi Mansyur dalam arahannya mengatakan perlunya peningkatan himbauan penerapan protokol kesehatan untuk menekan peningkatan kasus Covid-19, kemudian memaparkan kegiatan yang telah dilakukan antara lain Launching Kampung Papuyu, Karang Intan, serta pemilihan pambakal.

Pada kesempatan tersebut Bupati Banjar H. Saidi Masyur didampingi Wakil Bupati Banjar H. Said Idrus Al-Habsyie, Sekda Banjar H. M. Hilman dan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Banjar Hj. Yasna Khairina meresmikan Pojok Kreasi di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Banjar ditandai dengan pembukaan tirai.

Kepala Bidang Perpustakaan Dispersip Kabupaten Banjar Hj. Noor Aida mengatakan persiapan pembuatan Pojok Kreasi hanya satu minggu dengan memajang berbagai kreasi motif sasirangan dan tikar purun.

“Untuk proses persiapannya ini kurang lebih satu minggu, tujuannya karena perpustakaan kita ini berbasis inklusi sosial, salah satunya kemarin kita ada pelatihan membuat sasirangan, dan hasilnya bisa kita pamerkan di Pojok Kreasi. Tikar purun juga ini sebagai budaya lokal daerah” ujarnya.

“Dipajang motif kain sasirangan dan tikar purun yang biasa diolah masyarakat kita Kabupaten Banjar dan juga lebih luas Kalimantan Selatan. Seperti pembuatan tikar purun ada berbagai motif, banyak yang tidak mengetahui, disini bisa melihat berbagai jenis referensi”  tambahnya.

Motif sasirangan yang dipajang antara lain motif Intan Banjar, Kambang Tampuk Manggis, Kangkung Kaombakan, Daun Katu, Naga Balimbur. Sedangkan motif tikar purun yaitu motif Cengkeh, Ramak Sahang dan Mata Gergaji.

Dalam rapat juga dibahas mengenai persiapan Hari Jadi Kabupaten Banjar, pelaksanaan monitoring bagi sekolah yang melaksanakan tatap muka, dan pengawasan pelaksanaan protokol kesehatan di wilayah Kabupaten Banjar. Dilaksanakan pula penyerahan kartu anggota perpustakaan oleh Kepala Dispersip Kabupaten Banjar Hj. Yasna Khairina kepada Bupati Banjar H. Saidi Masyur, Wakil Bupati Banjar H. Said Idrus Al-Habsyie dan Sekda Banjar H. M. Hilman. 

(MC,Kominfo Kab Banjar/Inka/bgs/prs)


Komentar