Ribuan Jemaah Hadiri Puncak Peringatan Haul Akbar ke-18 Abah Guru Sekumpul

Martapura, InfoPublik - Pucak Peringatan Haul Akbar ke -18 KH Zaini bin Abdul Ghani atau akrab dipanggil Abah Guru Sekumpul dihadiri ribuan jemaah dari berbagai penjuru Kalsel hingga luar Kalsel baik melalui transportasi darat maupun air.

Meskipun sempat vakum sebelumnya akibat pandemi Covid-19, tidak menyurutkan antusias masyarakat dengan hadirnya posko-posko gratis yang menawarkan makanan, minuman, dan tempat istirahat secara gratis sepanjang perjalanan yang dilewati.

Pasalnya, terlihat jemaah berdatangan baik lokal maupun luar daerah menuju kediaman Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor di Desa Keramat Kecamatan Martapura Timur Kabupaten Banjar, Jum'at (26/1/2023) malam.

Puncak Haul Akbar yang dihadiri Alim ulama tersebut sangat khusyuk dilaksanakan dimulai dari pembacaan syair maulid Habsy hingga manaqib abah guru Sekumpul yang dibacakan KH Wildan Salman.

Kedatangan Wakil Presiden (Wapres) RI KH Ma'ruf Amin beserta rombongan pada peringatan haul Abah Guru Sekumpul ini membawa suasana yang tentram.

Ia mengatakan sosok Guru Sekumpul merupakan pedoman dalam ke ilmuan agama, bagaimana keimanan seorang hamba yang taat kepada Allah SWT.

"Mari kita maknai kegiatan haul ini menjadi keberkahan bersama membawa kedamaian persatuan umat beragama," ajak Ma'ruf Amin.



Selama kegiatan Haul Akbar berlangsung para jamaah sangat antusias, mereka sangat senang dengan adanya haul ini kembali dilaksanakan.

Agus salah seorang jamaah dari Banjarbaru mengatakan, ulun (saya) mulai sore sudah berangkat ke acara haul ini.

"Melihat dari yang hadir masyarakat antusias banar hadir, suasana seperti haul beberapa tahun yang lalu pun mulai terasa walaupun di Sekumpulnya belum dibuka kembali acara haulan," ucap dia.

Ia berharap mudahan tahun depan di Haul Abah Guru Sekumpul ke 19, semoga kembali dilaksanakan di Ar-Raudhah, Amiinn.

Sementara itu untuk pengamanan sendiri,  Kapolda Kalsel Irjen Pol Andi Rian Djajadi yang langsung turun memantau ke lokasi haul mengungkapkan sebanyak 4.900 personil gabungan diturunkan untuk pengamanan haul ini, termasuk untuk pengamanan tamu VVIP Wapres Ma’ruf Amin.

"Personil gabungan dimaksud terdiri dari anggota TNI/Polri yang turut menyukseskan kegiatan sehingga berjalan dengan tertib dan lancar," ucap Kapolda Kalsel.

Ia menambahkan sekitar lima ribu jemaah lebih yang hadir pada haul ke 18 Abah Guru Sekumpul tersebut. (MC Kominfo Kab. Banjar/Zidane/Agusoke/Man)


Komentar