Refreshing Kader Posbindu PTM di UPT. Puskesmas Sungai Tabuk 2

Martapura, InfoPublik - Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kader tentang standar pelayanan Kesehatan, di laksanakan Refreshing Kader Posbindu Penyakit Tidak Menular (PTM) pada Posbindu di Aula UPT Puskesmas Sungai Tabuk 2, Kabupaten Banjar, Kamis (25/8/2022).

 

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kader dalam hal pencatatan dan pelaporan kegiatan Posbindu PTM ( Form Offline SIPTM dan Aplikasi Sehat IndonesiaKu-ASIK)

 

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar yang diwakili oleh Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular dan Kesehatan Jiwa Candra Galuh Tri Ardiani mengucapkan terima kasih atas partisipasi dan kesediaan serta kerja sama dari seluruh kader Posbindu yang dapat berhadir dalam kegiatan ini.

 

Ia juga menegaskan betapa pentingnya peran kader sebagai ujung tombak pelaksanaan Posbindu PTM dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

 

Pada kegiatan refreshing kader posbindu ini, peserta yang hadir mendapatkan materi dan praktik langsung mengenai standar pelayanan Kesehatan dalam kegiatan Posbindu PTM,  materi tentang cara pencatatan dan pelaporan kegiatan posbindu PTM dan sosialisasi aplikasi terbaru yaitu Aplikasi Sehat IndonesiaKu (ASIK).

 

Dengan demikian seluruh kader yang hadir diharapkan mampu memberikan pelayanan kesehatan sesuai standar pelayanan posbindu PTM dan dapat menjadi contoh (Role Model) bagi masyarakat di wilayah kerja UPT Puskesmas Sungai Tabuk 2 dalam upaya pencegahan dan pengendalian penyakit tidak menular.

 

Kader juga diharapkan mampu memberikan penyuluhan dan motivasi agar masyarakat yang sudah terkena PTM secara perlahan dapat merubah perilakunya dengan pola hidup sehat dan rutin memeriksakan diri sehingga penyakitnya dapat terkendali dan hidup penderita lebih berkualitas

 

Adapun pada kegiatan ini peserta yang berhadir adalah Petugas Pengelola Program PTM UPT Puskesmas Sungai Tabuk 2, Petugas Pengelola Program Usia Produktif UPT Puskesmas Sungai Tabuk 2, Kader Posbindu PTM Wilayah Kerja UPT Puskesmas Sungai Tabuk 2. Dengan jumlah peserta yang hadir sebanyak 36 orang kader Posbindu yang ada di wilayah kerja UPT Puskesmas Sungai Tabuk 2. (IP Kab. Banjar/Brigade Dinkes)


Komentar