Rapat Koordinasi Karang Taruna Se-Kecamatan Karang Intan

Karang Intan,InfoPublik - Organisasi kepemudaan menjadi wadah mengembangkan kemampuan atas dasar kesadaran dan kemampuan di daerah.


Hal tersebut diungkapkan Kasi Kesejahteraan Sosial Kecamatan Karang intan Fathurrahman pada Rapat Koordinasi Program Kesejahteraan Sosial Bidang Kepemudaan di Aula Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar, Rabu (17/11/2021).


"Kegiatan ini merupakan salah satu atau bagian dari Program kerja Seksi Kesejahteraan Sosial Kec. Karang Intan pada Bidang Kepemudaan/Karang taruna,"kata Faturahman.


Dikatakannya, dilaksanakan kegiatan ini dalam upaya pembinaan dalam hal pemberian informasi, edukasi dan pembangunan kerja sama yang harmonis antar pengurus, anggota dan pihak pihak terkait, Khusus dengan Forum Komunikasi Karang Taruna Kecamatan, Pemerintah Desa dan Kecamatan, demi kelancaran dan pengembangan kegiatan kegiatan organisasi Karang taruna di Desa masing masing.


"Bahwa Karang Taruna adalah salah satu jenis organisasi Kepemudaan di Indonesia yang menjadi wadah mengembangkan kemampuan atas dasar kesadaran dan tanggung jawab di daerah khususnya di desa yang ditempati,"jelasnya.


Selanjutnya disampaikan bahwa Karang taruna terdiri atas pemuda dan pemudi yang berusia 11 sampai 45 tahun. Pengurus Karang Taruna berusia 17 sampai 35 tahun. Kegiatan dapat berupa keagamaan, hari nasional dan kegiatan sosial lainnya.


Salah satu Permendagri RI Nomor 5 Tahun 2007 menjelaskan bahwa pendirian Karang Taruna dengan tujuan memberikan pembinaan dan pemberdayaan kepada para remaja, misalnya dalam bidang keorganisasian, ekonomi, olah raga, advokasi, keagamaan dan kesenian.


Adapun Sebagai Narasumber dari acara tersebut adalah dari Dinas Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Banjar  Kabid  Pemuda  Noor Syahwli Syahri, S.Kom  dan Kasi Pembinaan Hamdan Najihi, S. Kom juga dihadiri pula oleh Ketua Forum Komunikasi Karang Taruna Kecamatan Karang Intan dan Ketua/Pengurus Karang Taruna Desa se-Kecamatan Karang Intan.(IP Kominfo Kab. Banjar/Brigade karang intan/Disransyah/Man) 


Komentar