PT BBP dan PT MAS Salurkan Bantuan Korban Banjir di Desa Pematang Danau

Martapura, InfoPublik - Hujan terus menerus dalam dua hari terakhir di Januari 2023 membuat masyarakat Pematang Danau mulai bersiaga. Banjir tahunan, menjadi langganan masyarakat karena tingginya curah hujan hingga meluapnya air sungai Riam Kiwa dan Riam Kanan yang saling berdekatan. Kondisi desa yang kebetulan lebih rendah, membuat daerah tersebut rawan tergenang.

Tercatat saat ini korban banjir mencapai 40 Kepala Keluarga (KK) yang tersebar di 3 Rt dengan jumlah korban jiwa yang rumahnya tergenang sebanyak 122 jiwa, mulai dari anak-anak, dewasa hingga lansia. Tidak ada korban yang dievakuasi, namun karena intensitas air semakin tinggi hingga lutut orang dewasa, antisipasi perlu disiapkan dengan baik.

PT Banjar Bumi Persada (BBP) dan PT Mitra Agro Semesta (MAS), Senin (30/1/2023) menyalurkan bantuan mulai dari penyediaan air minum hingga kebutuhan bahan pokok sebagai logistik masyarakat yang terdampak banjir. Bantuan ini diserahkan secara langsung oleh perwakilan manajemen PT BBP dan PT MAS bersama pemerintah desa setempat.

Nor Qomariyah, Public Relations PT BBP dan PT MAS mengatakan bantuan untuk korban banjir tersebut merupakan wujud kepedulian dari perusahaan terhadap masyarakat yang berada di sekitar area operasional. Harapannya bantuan ini bermanfaat bagi masyarakat dan tentunya membantu meringankan beban para korban banjir. 

”Kami berkomitmen untuk membantu masyarakat sebagai bentuk kepedulian dalam program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) dari aspek sosial maupun lingkungan," ucap Nur.



Tak hanya membantu korban banjir, PT BBP dan PT MAS juga telah menyelenggarakan program "maternal-baby-elder health care" melalui penyaluran bantuan nutrisi dalam Pemberian Makanan Tambahan (PMT) di 5 desa ring 1, mulai dari Pematang Danau, Bawahan Selan, Pasiraman dan Simpang Empat dengan total penerima manfaat sebanyak 758 orang.

Mahbubah warga penerima bantuan mengaku bersyukur mendapat bantuan dari PT BBP dan PT MAS dan berharap tidak hanya membantu warga pematang danau tapi juga warga lainnya yang terkena musibah banjir.

Pelaksanaan program ini juga melalui kerja sama dan kolaborasi bersama para Kader Posyandu, Bidan Desa, Pustu Kecamatan Mataraman, Simpang Empat dan Cintapuri Darussalam serta Dinas Kesehatan dan Bappedalitbang Kabupaten Banjar. (MC Kab. Banjar/Zidane/Man)


Komentar