PSU Pilgub Kalsel, Tiga Pesan Komisioner RI di Kabupaten Banjar

Martapura, InfoPublik - KPU Provinsi Kalimantan Selatan telah menetapkan tahapan , program ,dan jadwal pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang Pasca Putusan Mahkamah Konstitusi melalui keputusan KPU Provinsi Kalimantan Selatan nomor 14/PL.02.6-Kpt/63/Prov/III/2021. Yaitu Pemungutan Suara Ulang Pasca Putusan MK pada hari Rabu , 9 Juni 2021. Juga dilampirkan Dalam Pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang Pasca Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 124/PHP.GUB-XIX/2021 dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Selatan Tahun 2020 tidak dilakukan kampanye.

Terkait dalam upaya mensosialisasikan hal tersebut , Komisi Pemilihan Umum Kabupaten  Banjar menggelar Sosialisasi sekaligus buka bersama di salah satu Hotel berbintang di Batas Kota Banjarbaru pada  Selasa (27/04/2021) sore .

Turut hadir dalam acara tersebut Komisioner KPU RI Arief Budiman yang bertindak selaku pembicara ,  Ketua KPU Banjar Muhaimin bersama anggota , Ketua Bawaslu Banjar Fajeri Tamjidillah ,Perwakilan KPU dan  Bawaslu Provinsi Kalsel ,  Forkopimda Banjar , Kaban Kesbangpol Aslam , Camat dan tamu undangan lainnya .

Dalam keterangannya  Ketua KPU Banjar Muhaimin mengatakan,  tujuan dilaksanakan nya sosialisasi hari ini adalah untuk menginformasikan ke segala lapisan masyarakat bahwa keputusan MK adalah mutlak dan terikat sudah final . Dimana tepatnya PSU yang  dilaksanakan pada tanggal 9 Juni 2021 diharapkan nantinya tingkat partisipasi masyarakat untuk memilih pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur pilihan mereka tetap tinggi . 

" Dengan adanya Pemungutan Suara Ulang ini diharapkan di semua wilayah 5 Kecamatan yang melakukan PSU ini , masyarakat tetap semangat dengan betul betul memberikan hak suara mereka dan pihak kami KPU Banjar sebagai penyelenggara kami yakinkan  bekerja sesuai aturan yang berlaku , ucapnya . 

Sementara itu salah satu Komisioner KPU RI Arief Budiman yang juga menjabat Ketua Divisi SDM , Organisasi , Diklat dan Litbang KPU RI ini berpesan kepada 3 pihak peserta pemilu  diantaranya pertama kepada penyelenggara agar  diperhatikan betul  tahapan tahapan penyelenggaraannya ,kerjakan dengan baik dan pastikan semua ketentuan peraturan perundang undangan nya . Yang kedua kepada pemilih di TPS TPS yang dilakukan pemungutan suara ulang agar tetap antusias dan berkenan menggunakan hak pilihnya . Pilih sesuai hati nurani bukan karena hal hal lain . Dan yang terakhir kepada pasangan calon kami berharap mereka bisa mengikuti tahapan ini ,ikuti segala peraturan yang berlaku , berkompetisi dengan baik .

" Tak lupa peran media dalam hal ini juga sangat penting . Dengan menginformasikan hal hal yang berhubungan dengan sosialisasi dan tahapan menjelang Pemungutan Suara Ulang nantinya  , semoga dapat tersampaikan ke segala lapisan masyarakat secara adil dan berimbang . Tidak mudah melaksanakan PSU di tengah wabah pandemi covid -19, diperlukan kerjasama semua pihak agar dapat terselenggara dengan baik ," harapnya .

Seperti diketahui berdasarkan putusan MK di Kabupaten Banjar sendiri ada 5 Kecamatan yang akan melakukan PSU . Diantaranya Kecamatan Martapura , Kecamatan Mataraman , Kecamatan Astambul , Kecamatan Aluh Aluh dan Kecamatan Sambung  Makmur . (MC.agus/fuad/khairin/kominfo banjar) 


Komentar