Proklim 2022, Banjar Mendapat Apresiasi Gubernur Kalsel

Martapura, InfoPublik - Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kabupaten Banjar mendapatkan undangan penyerahan penghargaan proklim tahun 2022 di halaman kantor Dinas Lingkungan Hidup provinsi Kalimantan Selatan, Kamis (29/12/2022).

Kepala Dinas LH Kalsel Hanifah melaporkan bahwa Kalsel tahun ini menjadi Provinsi dengan usulan terbanyak dengan jumlah usulan 149 desa atau lokasi. Adapun pencapaian tahun ini ada sebanyak 2 desa ProKlim Lestari, 7 desa/lokasi Trophy ProKlim Utama dan 30 desa/lokasi Sertifikat ProKlim Utama.

Undangan penyerahan penghargaan untuk kabupaten banjar diwakili oleh Kepala Bidang P2KLH Hj Nur Aina bersama Kepala Seksi Konservasi Sumber Daya Alam dan Pemeliharaan Lingkungan Hidup (KSDAPLH) Yunida Rosniar beserta Staf.

Dari Kabupaten Banjar 2 Desa mendapatkan Trophy Proklim Utama yaitu Desa Kiram dan Desa Padang Panjang, 8 Desa mendapatkan Sertifikat Proklim Utama yaitu Desa Jawa Laut, Jingah Habang Ulu, Labuan Tabu, Lihung, Penggalaman, Penyambaran, Sungai Landas, Sungai Rangas Tengah dan 10 Desa/lokasi mendapatkan Predikat Madya yaitu Desa Bincau, Murung Kenanga, Tambak Baru, Tambak Baru Ilir, Tambak Baru Ulu, RW 01 Kelurahan Tanjung Rema Darat, RW 05 Kelurahan Tanjung Rema Darat, Ponpes An-Najah, Ponpes Mu'adalah dan Ponpes Ar-Riyadh.

DPRKPLH kabupaten Banjar juga menggandeng pihak swasta sebagai Mitra Proklim yang pada hari ini juga mendapatkan apresiasi dari Gubernur Kalsel yakni, PT. United Tracktors, PT. Mitra Agro Semesta, PT Cintapuri Pratama, PT. Talenta Bumi, PT. Baramarta Perseroda, dan PT. Rimbata Kalimanjaya.

Program Kampung Iklim (ProKlim) merupakan program berlingkup nasional yang memberikan pengakuan terhadap partisipasi aktif masyarakat dalam melakukan kegiatan adaptasi dan mitigasi perubahan iklim secara terintegrasi dengan mempertimbangkan kearifan lokal.

Pengusulan dan pendaftaran ProKlim dilakukan melalui Sistem Registri Nasional Pengendalian Perubahan Iklim (SRN PPI) oleh berbagai pihak yang melaksanakan atau mendukung kegiatan adaptasi dan mitigasi perubahan iklim di tingkat tapak.

Penghargaan yang diberikan oleh Gubernur Kalimantan Selatan melalui Dinas Lingkungan Hidup Kalsel berupa 2 buah Kendaraan Roda 3 (tiga) untuk Predikat Trophy Utama, 8 set Bak Sampah Terpilah tiga warna ukuran 60 liter untuk Desa Predikat Sertifikat Utama.

Kepala Seksi KSDAPLH Yunida meminta seluruh pihak untuk dapat meningkatkan keterlibatan masyarakat, pihak swasta dan pemangku kepentingan supaya terus melakukan penguatan kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim dan penurunan emisi gas rumah kaca demi masa depan anak cucu kita. (IP Kab. Banjar/Brigade DPRKPLH/Muhib)


Komentar