Program Kemandirian Peternakan, WBP Lapas Narkotika Karang Intan Panen Ayam Kalasan

Martapura, InfoPublik – Penghujung tahun 2022, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Karang Intan, panen perdana ayam kalasan pada area peternakan program kemandirian bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Senin (26/12/2022).

 

Panen perdana ayam kalasan ini, dipimpin langsung oleh Kepala Lapas (Kalapas) Narkotika Karang Intan Wahyu Susetyo didampingi jajaran strukturalnya, selepas apel pagi pegawai.


 


“Ayam kalasan ini hasil dari pelatihan kemandirian yang tahun ini kita selenggarakan bekerjasama dengan Dinas Pertanian Banjar, jadi kemarin ada 20 WBP yang ikut pelatihan bersertifikat dan ini lanjutan dari pelatihan itu, warga binaan kelola dengan mandiri dan terbukti bisa menghasilkan,” ungkap Kalapas.

 

Lebih lanjut Kalapas mengungkapkan, hasil positif peternakan dengan jenis ayam kalasan juga tidak terlepas dari peran semua pihak, baik pendampingan dari Dinas Pertanian Banjar, petugas di lapangan maupun warga binaan program kemandirian peternakan.

 

Ayam kalasan yang hari ini dipanen telah berumur lebih kurang dua bulan, dan kedepan jumlah ini akan ditingkatkan agar pembinaan peternakan ayam kalasan di Lapas Narkotika Karang Intan dapat berkembang menjadi sebuah prosespek bisnis.


 


Hasil panen kali ini akan dipasarkan secara luas, khususnya kepada pedagang ayam di Pasar Martapura dan pembeli lainnya. Hasil penjualan akan menjadi komponen pendapatan premi bagi warga binaan, berupa tabungan yang akan diserahkan ketika mereka bebas nanti. (MC Kab. Banjar/LPN Karang Intan/arb/Man)


Komentar