Probisa Manis, Ciptakan Banjar Ramah Dan Layak Anak

Martapura, InfoPublik - Pemerintah Kabupaten Banjar terus berupaya memberikan yang terbaik bagi masyarakatnya. Tercermin dari inovasi yang dilakukan, bersinergi dengan lembaga dalam hal pemberdayaan ibu dan anak dhuafa, seperti inovasi Probisa Manis (Program Bantuan Ibu Duafa Maju Mandiri Agamis).

Menjadi narasumber pada dialog GPR Tv secara virtual di Command Center Manis, Selasa (10/1/2023) pagi, Kepala Dinsos P3AP2KB Kabupaten Banjar Hj Siti Hamidah menjelaskan tentang inovasi Probisa Manis tersebut.

Kepada presenter Mona Azhari Nissaq, Siti Hamidah menjelaskan maksud dan tujuannya inovasi tersebut adalah menciptakan Kabupaten Banjar yang ramah dan layak anak.

Pemenuhan hak anak dilakukan Pemkab Banjar dengan memberikan bantuan secara langsung. Salah satunya dengan memberikan bantuan pemenuhan hak anak melalui ibu dhuafa.

“Mulai dari ibu dhuafa hamil, melahirkan, tasmiyah dan pemberian dokumen kependudukan bagi anaknya,” jelasnya.

Ditambahkan, selain itu Pemkab Banjar juga memberikan bantuan langsung tunai, subsidi bahan pokok, pinjaman tanpa bunga dan administrasi kurma manis, pelatihan keterampilan perempuan, penciptaan lapangan kerja dan lain-lain program pengentasan kemiskinan.

Untuk program ini, Dinas Sosial P3AP2KB bekerjasama dengan Dinas Kesehatan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dan Baznas Kabupaten Banjar. (MC Kominfo Kab. Banjar/Rif'ah/Man)


Komentar