Presiden Jokowi Kunjungi Pengungsi di Stadion Demang Lehman

Martapura, InfoPublik - Setelah meninjau dua lokasi terdampak banjir di Kabupaten Banjar, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) langsung bergegas mengunjungi para korban bencana banjir di pengungsian yang bertempat di Stadion Demang Lehman Martapura, Kalimantan Selatan, Senin (18/1/2021).

Dalam perjalanannya menuju tempat pengungsian, beliau juga menyempatkan singgah di dapur umum posko bencana di Kediaman Rumah Dinas Wakil Bupati Banjar H. Saidi Mansyur yang juga menjadi tempat pengungsian.

Didampingi Plt Sekretaris Daerah Kalimantan Selatan Roy Rizali Anwar, Bupati Banjar H. Khalilurrahman, Sekretaris Daerah Kabupaten Banjar H. M. Hilman, Presiden Jokowi saat tiba di lokasi langsung menyapa warga sekitar dan anak-anak.

Dalam hal ini Presiden Jokowi langsung memerintahkan jajarannya untuk membagikan sembako yang sudah disediakan sebanyak 10.000 paket untuk bencana di Kalsel.

Selanjutnya, Presiden Jokowi langsung melihat kondisi warga yang berada di ruang pengungsian dan sambil bercengkrama dengan para pengungsi korban banjir yang berada di Stadion Demang Lehman karena ketinggian air belum surut dan rumah mereka masih terendam.

Jumlah pengungsi di Stadion Demang Lehman sekitar 800 orang dari 15 desa yang ada di Kabupaten Banjar, dan belum termasuk di posko-posko lainnya kurang lebih 17.996 kepala keluarga yang mengungsi.

Sementara berdasarkan data BPBD Kalsel 11 kabupaten kota di Kalsel mengalami banjir dan tanah longsor. Akibatnya ratusan ribu warga Kalsel terdampak banjir dan longsor. Menimbulkan korban jiwa meninggal 16 orang, sedangkan rumah yang terendam 47.742 rumah dan 14 buah jembatan rusak serta terputusnya ruas jalan trans Kalimantan poros tengah di Kabupaten Banjar dan poros selatan di Kabupaten Tanah Laut. (MC Kominfo Kab. Banjar/Rzq/Man)


Komentar