Pj Ketua TP PKK Provinsi Kalsel Serahkan Bantuan APAR dan TSB Kepada Ketua TP PKK Kabupaten Banjar

Martapura,InfoPublik - Bencana alam maupun non alam memerlukan tindakan pencegahan maupun tindakan tanggap darurat yang perlu dikuasai oleh masyarakat. Berperan dalam hal ini Tim Penggerak PKK Provinsi Kalimantan Selatan memberikan edukasi sekaligus melaksanakan penyerahan bantuan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) juga Tas Siaga Bencana (TSB) dalam rangka rangkaian kegiatan gerakan keluarga sehat tanggap dan tangguh bencana. Penyerahan dilaksanakan di Halaman Mahligai Sultan Adam, Kamis,(05/08/2021) pagi.

Pj Ketua TP PKK Provinsi Kalimantan Selatan Safriati Safrizal menyerahkan bantuan secara simbolis kepada Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Banjar Hj. Nurgita Tiyas yang diteruskan kepada penerima bantuan antara lain Kecamatan Martapura Timur dan Kecamatan Aluh-aluh. 

Pj Ketua TP PKK Provinsi Kalimantan Selatan Safriati Safrizal memaparkan kegunaan isi dari Tas Siaga Bencana (TSB) dan mengingatkan TP PKK Kecamatan untuk mengutamakan pencegahan bencana dan langkah-langkah yang perlu dilakukan. 

"Pada hari ini, kami dari Tim Penggerak PKK Provinsi Kalimantan Selatan yang merupakan gerakan sinergitas dari Tim Penggerak PKK pusat yaitu bidang IV, bidang kesehatan keluarga dan lingkungan, menyalurkan bantuan ke Kabupaten Banjar yaitu berupa bantuan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) juga Tas Siaga Bencana (TSB). Kita juga sebelum ini sudah menyalurkan bahan makanan bergizi kepada masyarakat terdampak Covid-19 di Kabupaten Banjar khususnya masyarakat yang berada di pinggiran sungai dan pedagang di pasar terapung. Hari ini kita menyalurkan bantuan dasawisma, desa yang kita prediksi merupakan daerah rawan kebakaran dan siaga bencana, mudah-mudahan APAR dan TSB ini bisa kita pergunakan menjadi alat pendukung simulasi yang nanti akan diadakan sebagai sosialisasi gerakan pencegahan dan siaga bencana tingkat kecamatan" paparnya. 

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Banjar Hj. Nurgita Tiyas mengapresiasi edukasi yang diberikan Pj Ketua TP PKK Provinsi Kalimantan Selatan saat menjelaskan isi dari Tas Siaga Bencana. 

"Kami selaku Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Banjar sangat teredukasi dengan kehadiran Tim Penggerak PKK Provinsi Kalimantan Selatan, yang mana juga Ibu Pj Gubernur merupakan Ketua Bidang IV di TP PKK Pusat, hal tersebut sangat berkesan, sangat memberikan semangat. Kedepan kami akan konsen bersama pokja yang terkait untuk bisa bekerjasama dengan semua pihak baik itu swasta maupun pemerintah daerah agar bisa melakukan langkah-langkah preventif yang diharapkan oleh Tim Penggerak PKK Provinsi Kalimantan Selatan" ungkapnya. 

Tas Siaga Bencana (TSB) berisi barang keperluan saat darurat bencana seperti selimut, handuk, sabun, sikat gigi, pasta gigi, dan lainnya. 

(MC.Kominfo Kab Banjar/Inka/Lydia)


Komentar