Pertemuan dan Validasi Data Statistik Peternakan Provinsi Kalsel Tahun 2022

Martapura, InfoPublik – Terciptanya data statistik peternakan yang akurat, Dinas Pertanian KabuPATEN Banjar mengikuti kegiatan Pertemuan Statistik Peternakan Provinsi Kalimantan Selatan, di Hotel Roditha Kota Banjarbaru, Rabu (8/6/2022).

 

Acara ini dilaksanakan Dinas Peternakan dan Perkebunan Kalsel yang berlangsung selama tiga hari dari 8 s/d 10 Juni 2022. Kegiatan dibuka oleh Kadisbunnak Kalsel Suparmi dihadiri juga oleh perwakilan dari Badan Pusat Statistik Kalsel.

 

Kegiatan ini bertujuan sebagai konsolidasi data statistik peternakan untuk melakukan verifikasi dan validasi terhadap data peternakan yang dikumpulkan.

 

Sehingga melalui kegiatan ini diharapkan terciptanya sikronisasi data statistik peternakan dan tersusunnya data statistik yang akurat. Peran petugas data di lapangan dapat ditingkatkan terutama di era digitalisasi seperti sekarang ini, data harus tersaji setiap saat dengan akurat.

 

Suparmi mengatakan seiring dengan saat ini tahun 2022 atau triwulan kedua Nilai Tukar Petani (NTP) turun naik.

 

“Karena saat ini semua Provinsi sudah ada pembesaran ternak. Harga Pokok Penjualan (HPP) makan ternak yang terus meningkat itu juga memberatkan petani, sehingga indeks yang dibayarkan oleh para peternak akibat mahalnya makan ternak itu menjadi faktor pembagi yang memberatkan petani,”pungkas dia. (IP Kab. Banjar/Brigade Distan/Syaripuddin)


Komentar