Bappedalitbang Gelar Rakor Persiapan DMSF Program YESS

Martapura, InfoPublik - Program Enterpreneurship And Employment Support Services (YESS) merupakan salah satu upaya memfasilitasi kreativitas generasi milenial untuk berkarya dan berwirausaha di sektor pertanian yang dibiayai oleh International Fund for Agricultural Development (IFAD).


Program YESS membuka lapangan kerja yang menarik, menguntungkan, dan dapat berdampak pada penurunan angka pengangguran serta terjadinya urbanisasi. Dengan tujuan dari program ini diantaranya terwujud regenerasi pertanian, meningkatkan kompetensi sumberdaya manusia dan pedesaan, dan meningkatkan jumlah wirausahawan muda di bidang pertanian.


Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Banjar, melalui Bidang Ekonomi dan Sumber Daya Alam melaksanakan rapat koordinasi terkait persiapan Pelaksanaan District Multi Stakeholder Forum (DMSF) Program YESS tahap II tahun 2022, Kamis (22/9/2022) bertempat di ruang Sekretaris Bappedalitbang didampingi Kepala Bidang Ekonomi dan Sumber Daya Alam, Santi Nurlaela.


Rapat persiapan ini dihadiri oleh Provincial Project Implementation Unit (PPIU) Program YESS, Mobilizer, FA (Financial Advisor), Liaison Officer/Koordinator Kabupaten Banjar dari Sekolah Menengah Kejuruan – Pertanian Pembangunan (SMK-PP) Negeri Banjarbaru .


Dalam pertemuan ini PPIU Program YESS Kabupaten Banjar memaparkan progres pelaksanaan program YESS yang sudah berjalan, diantaranya program pelatihan wirausaha dan permagangan bersertifikat. Program permagangan merupakan salah satu bagian dari proses program regenerasi petani yang dicanangkan Kementerian Pertanian Republik Indonesia, untuk menghasilkan wirausaha muda bidang pertanian sebagai tenaga kerja yang kompeten maupun berwira usaha di bidang pertanian. 


Calon penerima manfaat program YESS Kabupaten Banjar terupdate tanggal 13 September 2022  adalah sebanyak 4.700  orang terdiri dari 3.093 laki-laki dan 1.607 perempuan. Jumlah kegiatan pelatihan wirausaha pemula Program YESS 2022 sebanyak 66 peserta  terdiri dari 3 kegiatan pelatihan yaitu : pelatihan dan pengolahan cabai, pelatihan peternakan itik, pelatihan digital marketing dan desain kemasan.


Jumlah peserta kegiatan pemagangan bersertifikat Program YESS 2022 sebanyak 14 orang terdiri dari 12 laki –laki dan 2 perempuan dan tersebar di 4 tempat magang antarnaya CV. Anugrah Tiga Putra (Banjarbaru), P4S Patra Mandiri (Kab .Banjar), PT. Buana Karya Bhakti (Tanah Bumbu), PT. Simbiosis Karya Agroindustri (Tanah Bumbu).


SMK PP Negeri Banjarbaru mengadakan Job Fair untuk mendukung program YESS yang merupakan program pengembangan kewirausahaan dan ketenagakerjaan muda di sektor pertanian yang menjadi wadah bagi pencari lowongan kerja untuk mendapatkan pekerjaan. Selain Koordinasi mengenai progress kegiatan program YESS 2022  dilakukan jua persiapan untuk pelaksanaan DMSF II terutama untuk tema, tempat dan tanggal pelaksanaan  kegiatan, serta peserta yang diundang. Pelaksanaan DMSF tahap II disepakati dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 4 Oktober 2022 dengan tema yang akan dibahas pada DMSF tahap II fokus pada masalah permagangan, job fair, dan wirausaha di bidang pertanian dengan narasumber yang akan mengisi acara berasal dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Banjar dan  DKUMPP Kabupaten Banjar dan peserta kegiatan terdiri dari SKPD dan stakeholder terkait. (IP Kab. Banjar/Brigade Bappedalitbang)


Komentar