Percepatan Vaksinasi, Banjar Dibantu UNICEF

Martapura, InfoPublik - Dengan dukungan UNICEF Indonesia Perwakilan Kalsel Mari kita bekerjasama dalam meningkatkan cakupan vaksinasi Covid 19 di Kabupaten Banjar . Pertemuan yang kita laksanakan ini untuk mempromosikan dan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap manfaat vaksin Covid 19 sekaligus upaya percepatan vaksinasi di Kabupaten Banjar bersama lembaga lintas sektoral .

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Banjar dr . Diauddin saat menghadiri kegiatan Pertemuan Lintas Sektor dan Lintas Program Percepatan Vaksinasi Covid 19 di Kabupaten Banjar di Hotel Roditha Banjarbaru , Rabu (8/12/2021) pagi. 

 Kadinkes Banjar dr Diaduddin mengatakan Saat ini cakupan Vaksinasi di Kabupaten Banjar telah  mencapai 32 persen masih jauh dari target akhir tahun sebesar 70 persen . 

" Kemungkinan diakhir tahun kita akan mencapai sebesar 55 hingga 60 persen cakupan vaksinasi , cakupan tersebut masih cukup bagus . Mari kita bersama sama mengawal kebijakan pemerintah pusat dalam capaian target vaksinasi . Program nasional harus lah yang diutamakan dan vaksinasi menjadi prioritas utama kita saat ini . Semoga dari hasil pertemuan ini menghasilkan orang orang yang berkompeten dan berkeahlian dalam meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya suntik vaksin ," jelasnya . 

Sementara itu Nurjannah dari UNICEF perwakilan Kalsel memaparkan beberapa masalah dan kunci dalam upaya percepatan vaksinasi . Diantaranya dari hasil pertemuan ini diupayakan  ada penambahan tenaga IT dan tenaga Vaksinator .

" Diperlukan tambahan tenaga Vaksinator untuk upaya percepatan target vaksinasi , 1 vaksinator setidaknya bisa menyuntik 70 orang . Disini juga kami lihat ada beberapa masalah  yaitu adanya gap dari data manual dan elektronik , kurangnya kesadaran warga akan pentingnya vaksin dan perlunya dibentuk tim IT Kabupaten untuk input dan pengentryian data . Kami akan berusaha membantu falam meminimalkan masalah tersebut ," ucapnya .

Kegiatan pertemuan lintas sektor dan lintas program dibuka oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra H Masruri dengan dihadiri Satgas Percepatan Covid 19 Kabupaten / kota  , tim promosi  kesehatan serta tenaga kesehatan di tingkat Puskesmas Kecamatan.

(Reporter Kominfo Kab.Banjar/Puad/Umar)


Komentar