Kesbangpol Lakukan Penyelesaian Perselisihan Internal Dalam Partai Politik

Martapura,InfoPublik - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbasngpol) Kabupaten Banjar kembali melaksanakan kegiatan “Penyelesaian Perselisihan Internal Dalam Partai Politik” yang dilaksanakan di Aula Badan Kesbangpol Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Selasa (30/11/2021).


Kegiatan ini dibuka Kepala Badan Kesbangpol Banjar Aslam dengan menghadirkan Narasumber dari Badan Kesbangpol Provinsi Kalimantan Selatan Indra Huda dengan mengundang 60 Peserta dari partai politik di Kabupaten Banjar.


Kaban Kesbangpol Banjar Aslam menyampaikan penyelesaian masalah atau konflik partai politik ini diatur pada UU No 2 Tahun 2011 tentang Partai Politik, yang dijabarkan atau diturunkan pada pasal-pasal dibawahnya, seperti yang tercantum pada pasal 32 ayat 1-5 yang didalamnya menjelaskan mengenai proses atau tahapan dalam menyelesaikan permasalahan internal partai politik sehingga tidak hanya dilandaskan pada AD/ART masing-masing partai politik, akan tetapi undang-undang pun mengatur hal yang sama mengenai masalah atau konflik yang dialami oleh partai politik.  


Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Indra Huda menyampaikan peran Kader Partai Politik dalam penguatan kelembagaan partai politik. Partai harus benar - benar konsentrasi terhadap kemampuan atau kualitas sumber daya manusia internal partai sebagai modal dasar yang harus dikembangkan secara terus menerus, kemampuan untuk memahami orang lain, mengindentifikasi dan merumuskan permasalahan, konstituensinya para pengurus dan anggota partai mampu mencari dukungan dan jaringan sebanyak-banyaknya dari masyarakat. Menjalin hubungan yang baik, serta membina jaringan yang telah terbangun merupakan pekerjaan yang tidak boleh diabaikan.


Dengan demikian, tujuan pelaksanaan sosialisasi ini dimaksudkan untuk meningkatkan pemahaman kepada para pengurus Partai Politik tentang kelembagaan dan dinamika yang terjadi dalam kepengurusan Organisasi. (IP Kominfo Kab. Banjar./Brigade /Kesbangpol/Yati)  


Komentar