Penguatan Kampung KB, Bersama untuk Menekan Stunting

Martapura, InfoPublik - Kampung KB (Keluarga Berkualitas) merupakan salah satu inovasi yang dicanangkan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dengan mensukseskan program KB, tujuannya untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung atau setara melalui program bangga kencana, pembangunan sektor terkait lainnya dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas.

 

Dalam rangka mensukseskan bangga kencana yang diamanatkan oleh Presiden RI kepada BKKBN salah satunya mendorong percepatan penurunan stunting di kab/kota khususnya Kab. Banjar.

 

Maka perlunya penguatan fasilitasi, koordinasi dan kemitraan pada kampung KB sebagai wilayah yang membutuhkan peningkatan kualitas hidup keluarga serta masyarakatnya.

 

Dengan kampung KB yang terbentuk di Kabupaten Banjar dari tahun 2017 sampai dengan sekarang berjumlah 40 buah dengan tingkatan dasar sebanyak 38 buah dan tingkatan berkembang 2 buah diharapkan kampung KB yang sudah terbentuk dapat terus menghidupkan program lintas sektor untuk mensejahterakan masyarakat.

 

Selasa (12/7/2022) pagi, kegiatan penguatan kemitraan kampung keluarga berkualitas digelar di Aula Dinsos P3AP2KB Kabupaten Banjar.

 

Sekda Banjar HM Hilman membuka kegiatan tersebut, dikatakannya kita gali bersama kita keroyok bersama, karena itu tujuan keberadaan kampung berkualitas meningkatkan kualitas hidup masyarakat, kami mengapresiasi dengan kehadiran dinas terkait, mitra dan lintas sektor yang sudah melaksanakan program di kampung KB yang sudah berjalan.

 

Kegiatan ini tetap terus di tindaklanjuti, di tingkatkan lagi dan bisa di infertarisir terkait dengan kendala-kendala yang dihadapi sehingga bisa mengikutkan lagi dinas-dinas, stakeholder lain yang lebih luas agar bisa mengatasi mengejar target secara Nasional tahun 2024 14% stunting.

 

“Semoga kegiatan-kegiatan yang sudah kita laksanakan dapat terintegrasi pada kampung KB sebagai titian yang kita lakukan guna mewujudkan visi Pemerintah Kabupaten Banjar menuju terwujudnya masyarakat Kab. Banjar yang Maju Mandiri Agamis agar semua pihak terus memberikan dukungan dan bersama-sama mendukung program Kampung Keluarga Berkualitas ini agar lebih baik dan memberikan dampak positif bagi peningkatan kualitas hidup keluarga dan masyarakat,”harap dia.

 

Turut hadir dalam acara tersebut Kepala Perwakilan BKKBN Prov Kalsel H Ramlan, Direktur Pemaduan Kebijakan Kependudukan BKKBN RI Hj Mila Rahmawati, Perwakilan Kemendagri Destriana Faried, Perwakilan Kemendes Lilis Yuliana, seluruh SKPD se-Kab. Banjar, mitra dan stakeholder terkait. (IP Kab. Banjar/Rahman/brigade dinsosp3ap2kb)


Komentar