Penguatan Forkopimcam Sebagai Pengawas Pilkades di Kecamatan Mataraman

Martapura, InfoPublik - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Banjar melaksanakan Sosialisasi Penguatan Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (FORKOPIMCAM) dengan Tema “ Forkopimcam Sebagai Pengawas Pilkades”  bertempat di Aula Kecamatan Mataraman, Rabu (5/10/2022)

Acara dibuka Camat Mataraman  Dedi Kurniadi, Kepala Bakesbangpol Kab. Banjar Safrin Noor dengan menghadirkan Narasumber dari  Kapolsek Mataraman Iptu Arie Handoyono, Komando Rayon Militer Mataraman M. Ariyatno dengan mengundang peserta, Pembakal, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), masyarakat Desa, dan panitia.

Dedi Kurniadi menyampaikan selamat datang bagi peserta yang berhadir dalam acara sosialisasi Penguatan Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (FORKOPIMCAM), para peserta dapat memahami aturan-aturan terkait pilkades.

"Para peserta  harus ikut mensukseskan pelaksanaan pilkades serentak nanti, baik sebelum pemilihan, saat pemilihan, dan pasca pemilihan, dan akan melaksanakan Pilkades serentak di 6 desa yang ada di Mataraman, teknis dan pemilihan harus dengan peraturan yang sudah mendasari undang-undang," imbau dia.

Kepala Badan Kesbangpol Safrin Noor, menyampaikan Kegiatan ini bertujuan Pentingnya penguatan Forkopimcam dalam pengawasan Pilkades serentak menjadi bagian yang menjaga kestabilan sebuah wilayah. Deteksi dini terhadap problem-problem sosial memang secara khusus menjadi kewenangan dari instansi terkait.

“Diharapkan kepada seluruh undangan yang hadir dapat berkomitmen,  bagaimana konflik sosial menjelang Pilkades serentak akan datang yang ada di wilayah Kecamatan harus bisa ditekan sedemikian rupa agar tidak memunculkan problem-problem sosial, sehingga keamanan dan ketertiban masyarakat tetap terjaga dan pada prinsipnya sama menjaga stabilitas Politik," jelas dia.

Iptu Arie menyampaikan tahapan Pilkades persiapan, pencalonan pemungutan suara dan peserta Pilkades Tahun 2022 di mataraman meliputi 6 Desa yaitu Desa Lok Tamu, Desa Simpang Tiga, Desa Mangkalawat, Desa Gunung Ulin, Desa Pasiraman, serta Desa Pematang Danau situasi terkini di mataraman sesuai rancangan pentahapan, program, jadwal pelaksanaan Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa ( BPMD) Banjar, Polsek Matraman akan selalu berkordinasi dengan Polres Banjar dan jajaran serta bersama-sama dengan instansi terkait demi terwujudnya situasi yang kondusif, sehingga pelaksanaan Pilkades di mataraman berjalan dengan lancar.

Faktor peluang timbulnya gangguan Kamtibmas protes dari elemen masyarakat dan saksi-saksi atas ketidaksiapan/kelalaian petugas TPS, teror, Money Politic, manipulasi suara, unjuk rasa, kejahatan konvensional lainnya dan adanya kelompok residivis yang selalu ingin memanfaatkan perkembangan, peluang situasi kondisi dalam pelaksanaan pungut suara Pilkades untuk melakukan kejahatan, dan faktor kemampuan kesatuan, personil sarana prasarana yang dimiliki Polsek Mataraman serta  jajarannya merupakan faktor utama dalam menentukan tingkat keberhasilan dalam mengemban tugas pengamanan kegiatan pungut suara.

“tujuan Pengamanan menjamin rasa aman para penyelenggara serta masyarakat selama tahapan pungut suara Pilkades serentak dengan harapan agar terbebas dari rasa takut akan ancaman dalam bentuk apapun,” ucap dia.

Sementara Komando Rayon Militer Mataraman Ariyatno  menjelaskan Setelah selesai Pilkades tidak ada konflik kita deklarasikan  atau kita ikrarkan siap menang siap kalah dalam pilkades ini dan yang menang harus merangkul yang kalah,  bersama-sama menjaga tertib lingkungan setiap TPS akan didampingi Babinkantibmas dan Babinsa.

“Peran serta semua pihak untuk menjaga pilkades yang kondusif diperlukan dalam rangka menjaga dan mengawal suara rakyat,” tutupnya.(IP Kab. Banjar/Brigade/Yati/Kesbangpol)


Komentar