Pemprov Kalsel Bantu Kabupaten Banjar, Penanggulangan dan Penanganan Banjir

Martapura, InfoPublik - Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor datangi Posko penanganan banjir Pemkab Banjar  untuk menyerahkan secara simbolis bantuan Presiden RI Joko Widodo berupa paket sembako yang diterima oleh Bupati Banjar H Khalilurrahman, Rabu ( 20/01 ) siang.   

Pada kesempatan tersebut, Bupati Banjar H Khalilurrahman mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor yang telah berinisiatif memberikan bantuan kepada Kabupaten Banjar, berupa 1.000 paket sembako dan sejumlah uang. 

“Alhamdulillah, dengan adanya bantuan dari Presiden yang diserahkan oleh Provinsi Kalsel ke Kabupaten Banjar ini dapat meringankan beban dari pemerintah Kabupaten Banjar, yang selama ini terdampak luar biasa akibat Banjir ini,” ucap Guru Khalil sapaan akrab Bupati Banjar H Khalilurrahman.

Guru Khalil menyampaikan banjir dibeberapa wilayah di Kabupaten Banjar sendiri merupakan salah satu akibat air kiriman baik dari wilayah Kecamatan Pengaron, Riam Kanan maupun Riam Kiwa yang begitu besar, oleh sebeb itu banyak warga terdampak yang mesti diungsikan.

Bupati Banjar juga kembali mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Pusat Bapak Presiden RI Joko Widodo yang juga menyerahkan bantuan berupa uang senilai 500 juta rupiah dan didukung Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan Bapak Gubernur Sahbirin Noor senilai 1 milyar rupiah untuk penanggulangan banjir di Kabupaten Banjar.

Sementara itu, Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor menanggapi masa tanggap darurat banjir di Kalimantan Selatan, Sahbirin mengatakan masih melihat dilapangan bahwa banjir masih merendam rumah rumah warga.

“Kita memfokuskan pada titik terdampak dan titik-titik rawan membantu masyarakat yang terdampak banjir,” ucap Paman Birin panggilan akrab Gubernur Kalimantan Selatan tersebut.

Dikatakannya, pada penanggulangan pasca banjir, pihaknya menyiapkan agar segala bantuan terorganisir dengan baik dan segala apa yang dilakukan, seperti infrastruktur di data dengan benar.

“Kita upayakan tindakan ini terorganisir dengan baik dan pulih, termasuk kita pulihkan kepada masyarakat yang terdampak secara psikologis, yang hari ini terdampak agar kembali dalam suasana yang lebih baik,” jelas Gubernur Kalsel. 

Ia juga mengimbau kepada warga yang saat ini pulang ke rumah untuk melakukan bersih-bersih untuk menempati rumahnya kembali agar berhati hati. Jika kondisi air masih tanggung, disarankan untuk kembali ketempat pengungsian. 

“ jika airnya masih tinggi silakan kembali kepengungsian, karena disana dijamin untuk makanan baik oleh pemkab maupun provinsi,”  tutupnya. (MC Kominfo Kab. Banjar/Emroni/Prs)


Komentar