Mobil Perpustakaan Keliling Sambangi SDN Sungai Lulut 1 dan SMPN 4 Sungai Tabuk

Martapura, InfoPublik - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Banjar Bidang Perpustakaan melaksanakan program kegiatan rutin pelayanan Mobil Perpustakaan Keliling Sekolah, di SDN Sungai Lulut 1 dan SMPN 4 Sungai Tabuk Kecamatan Sungai Tabuk dari pukul 08.00 wita sampai dengan 16.00 wita, Kamis (6/10/2022)

Tujuan kegiatan Layanan Mobil Perpustakaan Keliling ke sekolah yang ada di ruang lingkup Kabupaten Banjar adalah untuk meningkatkan Indeks Minat Literasi Masyarakat pada tingkat sekolah menengah pertama dan sekolah dasar dengan rentang usia 8 - 15 tahun untuk rentang usia tersebut.

Jenis buku yang paling diminati pada usia tersebut adalah buku-buku pelajaran, buku cerita, novel dan segala jenis buku yang memiliki kisah dongeng ataupun sejarah.

Kegiatan ini disambut antusias oleh Guru dan Siswa-siswi SDN Sungai Lulut 1 dan SMPN 4 Sungai Tabuk dengan jumlah total pengunjung 200 siswa yang terdiri dari 98 laki-laki dan 102 perempuan. Selama jam pelayanan berlangsung, siswa-siswi sangat senang karena mendapatkan sesuatu yang baru melalui buku-buku yang mereka baca.

Dikesempatan yang sama Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Banjar melalui Bidang Perpustakaan juga memonitoring dan memberikan pembinaan kepada petugas perpustakaan yang ada di sekolah SDN Sungai Lulut 1 dan SMPN 4 Sungai Tabuk.

Perpustakaan yang ada di SDN Sungai Lulut 1 memiliki gedung perpustakaan dan koleksi yang cukup baik namun tidak memiliki pengelola perpustakaan. Sedangkan untuk SMPN 4 Sungai Tabuk juga memiliki gedung perpustakaan dan pengelola perpustakaan namun masih belum banyak koleksi bacaan yang ada di perpustakaannya. 

Pelayanan mobil perpustakaan keliling, Dispersip Banjar juga membagikan doorprize berupa buku yang bisa mereka bawa pulang.

Penerima Doorprize Perpustakaan Keliling Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Banjar adalah Muhammad Haikal dan Masya Nadie Al Nahda dari SDN Sungai Lulut 1, Maynanda Aisha S dan Lovely Elfriza Wulandari dari SMPN 4 Sungai Tabuk Kec. Sungai Tabuk

Adapun Petugas Layanan Mobil Perpustakaan Keliling Rahmawati Hasannah, M. Syahril Nazar, dan Nur Rahmah.(IP. Kab. Banjar/Brigade/Dispersip)


Komentar