Dinkes Banjar Gelar BIAN di MI Hidayatullah Martapura

Martapura, InfoPublik - Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar bersama PKM Martapura 2 laksanakan Imunisasi Campak Rubella (MR) di MI Hidayatullah dalam Rangka perpanjangan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) Ke-2, di MI Hidayatullah Martapura, Kamis (8/9/2022).

Kegiatan ini dilaksanakan sampai dengan 13 September 2022 mengingat masih banyaknya sekolah yang belum melakukan Imunisasi Campak Rubella (MR) di wilayah PKM Martapura 2.

Adapun total suntikan 1.096 dari 8.327 (13.2%) dari total sasaran Campak Rubella (MR) di wilayah PKM Martapura 2 (per 8 September 2022). Sedangkan capaian Campak Rubella (MR) Kabupaten Banjar di angka 30.43%.

Salah satu maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah Untuk meningkatkan Capaian Imunisasi Anak di Kabupaten Banjar dalam Rangka Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN).

Dari data beberapa tahun terakhir menunjukkan terjadinya penurunan cakupan imunisasi rutin, baik itu imunisasi dasar maupun imunisasi lanjutan, yang cukup signifikan.

Hal ini menyebabkan jumlah anak-anak yang tidak mendapatkan imunisasi rutin lengkap sesuai usia semakin bertambah banyak. Dampak dari penurunan cakupan tersebut dapat kita lihat dari adanya peningkatan jumlah kasus Penyakit yang Dapat Dicegah Dengan Imunisasi (PD3I) dan terjadinya Kejadian Luar Biasa (KLB) PD3I seperti Campak, Rubela, dan Difteri di beberapa wilayah. (IP Kab. Banjar/Brigade Dinkes)


Komentar