Monitoring, Pembinaan dan Evaluasi Pemerintahan Desa se Kecamatan Gambut Terus Berlanjut

Gambut, InfoPublik - Tim Pembinaan Pemerintahan Desa Kecamatan Gambut, kembali melakukan Kunjungan ke Desa yang kali ini ke Desa Keladan Baru, Selasa (1/11/2022).

Kunjungan dalam rangka monitoring, pembinaan dan evaluasi ini merupakan implementasi dari berbagai Program, Kegiatan dan Sub Kegiatan yang telah dilaksanakan sebelumnya terhadap Pambakal, Perangkat Desa dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang menghadirkan berbagai Narasumber baik Pejabat dari Dinas PMD maupun Tenaga Ahli dari Kabupaten Banjar.

Lebih jauh disampaikan Kasi Pemerintahan selaku Sekretaris Tim Syahrani dalam kata pengantarnya, menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan kunjungan kelima ini adalah Desa Keladan Baru.

Seperti biasa, Kunjungan dipimpin langsung Ketua Tim yang juga Sekcam Gambut H. Zakaria yang dihadiri Pambakal M. Arsyad Sekdes Umi Salamah dan  Perangkat Desa lainnnya dan Ketua BPD Siti Rasyidah serta seluruh Anggota BPD.

Sambutan diawali oleh Pambakal Keladan Baru yang mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Tim yang berkenan melakukan pembinaan sekaligus diharapkan ikut menata tertibkan administrasi desa serta meningkatkan kapasitas Perangkat Desa. Juga diharapkan ada pembinaan administrasi BPD serta peningkatan kapasitas Pimpinan dan Anggota BPD hingga mampu menjadi mitra sejajar dan strategis Pambakal dalam menjalankan Pemerintahan Desa.

Hadir sekaligus memberikan sambutan Kanit Binmas I Ketut Sukarta mewakili Kapolsek Gambut berharap agar roda pemerintahan dan layanan terhadap masyarakat bisa berjalan lancar, kondisi kamtibmas aman, kondusif dan terkendali hingga aktivitas masyarakat berjalan normal, serta pihak Desa bisa selalu berkoordinasi dengan Bhabinkamtibmas maupun Babinsa.

Sedangkan Sekcam Gambut selaku Ketua Tim H. Zakaria, menyampaikan bahwa Monitoring, Pembinaan dan Evaluasi ini sebagai bentuk komitmen dan kesungguhan bersama dalam rangka perbaikan dan peningkatan Kecamatan Gambut ke depan dengan fokus Harmonisasi hubungan antara Pambakal, Perangkat Desa dan BPD, Buku Administrasi Pemerintahan Desa (27 buku), Administrasi BPD berupa Struktur Organisasi, Tata Tertib BPD dan Buku Administrasi (15 buku, Pelaksanaan Pembangunan Fisik berikut penyelesaian Administrasi Keuangannya, Dalam membuat perencanaan agar dipisahkan antara kewenangan Desa dan bukan kewenangan Desa, Data-data terkait Kesejahteraan Sosial seperti Penerima BLT, PKH dan lainnya sesuai kewenangan Desa, Ketenteraman dan Ketertiban Masyarakat  seperti eksistensi dan kiprah  Kepala Lingkungan, Ketua RT dan Linmas di Desa.

Hasil dari kunjungan ini didapatkan bahwa sebagian besar yang menjadi fokus terkait Administrasi Pemerintahan Desa maupun BPD yg disebutkan di atas sudah dimiliki dan sebagian besar sudah dapat dikerjakan  Pemerintahan Desa Keladan Baru.

Hingga Tim patut memberikan apresiasi positif terhadap Pemerintahan Desa Keladan Baru.

Tim juga bekerja sama bahkan didukung penuh para Pendamping Desa dan Pendamping Lokal Desa di bawah komando ibu Iswara Wahyuni.

Pada bagian akhir ditegaskan Kasi Pemerintahan Kecamatan Gambut, bahwa di Tahun Anggaran 2023 dilakukan pengembangan dan pengkhususan kegiatan yg lebih difokuskan pada Peningkatan kapasitas Sumberdaya Manusia baik Pambakal, Perangkat Desa dan BPD, Sistem Pengelolaan dan Pelaporan  Keuangan Desa dan Penatausahaan Aset Desa jelasnya.

Sesuai arahan Camat Gambut Ahmad Fauzan selaku Pembina Tim yang disampaikan Ketua Tim, mengharapkan agar monitoring, pembinaan bahkan evaluasi ini dapat  dijadikan bahan dasar bahkan tolak ukur tuk melangkah dalam rangka perbaikan ke depan terlebih kaitan dengan administrasi kependudukan dan pertanahan hingga roda pemerintahan berjalan dengan baik, pembangunan berjalan lancar serta pelayanan terhadap masyarakat juga meningkat harapnya. (IP. Kab. Banjar/ Brigade Gambut/ Hairudin).


Komentar